Kebakaran Hutan, Kabut Asap Tipis Mulai Selimuti Riau

Jum'at, 04 Maret 2016 - 11:43 WIB
Kebakaran Hutan, Kabut Asap Tipis Mulai Selimuti Riau
Kebakaran Hutan, Kabut Asap Tipis Mulai Selimuti Riau
A A A
PEKANBARU - Kebakaran hutan dan lahan di Riau semakin meluas. Kebakaran ini mulai berdampak dengan kabut asap.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan berdasarkan pantauan satelit Terra dan Aqua kebakaran terjadi dibeberapa wilayah. Kebakaran terparah masih terjadi di Kabupaten Bengkalis.

Staf analisa BMKG Pekanbaru Slamet Riadi mengungkapkan hari ini terdeteksi 45 hotspot (titik panas). Di Kabupaten Bengkalis terdeteksi 21 titik panas.

"Di Dumai ada 5 titik, Siak 14, Pelalawan 2 titik. Sedangkan Kabupaten Inhu dan Kota Dumai 1 masing satu titik," sebut Slamet, Jumat (4/3/2016).

Untuk Pulau Sumatera, Riau masih mendominasi kebakaran hutan dan lahan. Daerah penyumbang lainnya adalah Propinsi Sumatera Utara (Sumut) dengan 6 titik. Sumatera Barat (Sumbar) 1, Bengkulu 1,NAD 3 titik dan Sumsel 1 titik.

Kebakaran hutan dan lahan kini mulai berdampak dengan kabut asap. Walau sejauh ini masih belum tebal dan parah.

"Kabut asap tipis terlihat di pagi hari. Kita takut kabut asap akan terjadi seperti dulu yang sangat parah," ucap Annisa Nabila warga Pekanbaru.

Kekawatiran juga dirasakan warga lainnya terkait bencana kabut asap. "Mana janji Presiden Jokowi yang katanya akan menangani kebakaran hutan dan lahan lebih baik lagi. Bukti sudah beberapa hari ini kebakaran melanda Riau," ujar Yudi Ashari warga Kota Rengat, Kabupaten Inhu.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7100 seconds (0.1#10.140)