Pembunuh Warga Dayak di Banjarmasin Tertangkap di Makassar

Rabu, 02 Maret 2016 - 15:31 WIB
Pembunuh Warga Dayak di Banjarmasin Tertangkap di Makassar
Pembunuh Warga Dayak di Banjarmasin Tertangkap di Makassar
A A A
MAKASSAR - Tersangka pembunuhan sadis seorang pelajar di Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel), dibekuk petugas gabungan dari Tim Resmob Ditreskrimum Polda Sulselbar dan tujuh anggota Resmob Polda Kalsel.

Kapolda Kalsel Brigjen Pol Agung Budi Maryoto mengatakan, penangkapan tersangka yang diketahui bernama Muh Farok (30) memang berlangsung sangat hati-hati, karena kasus tersebut tengah menjadi sorotan masyarakat.

"Apalagi kasus ini sempat membuat kondisi keamanan di Banjarmasin memanas antara dua etnis," kata Agung, kepada wartawan, di Bandara Lama Sultan Hasanuddin, Makassar, Rabu (2/3/2016).

Meski demikian, ini merupakan penangkapan dari kasus penganiayaan berujung pada kematian. Cuma kebetulan yang terbunuh dari etnis Dayak dan yang pelaku yang berjumlah dua orang dari etnis Madura.

"Kasus pidana murni. Namun banyak hembusan di media sosial untuk mengajak tindak kerusuhan seperti kasus 2005," jelasnya.

Namun begitu, polisi tetap melakukan upaya pencegahan untuk meredam konflik. Selain melakukan penangkapan untuk mengungkap kasus, aparat juga melakukan mediasi yang menghadirkan sejumlah pihak dari dua suku itu.

Sejumlah pertemuan yang melibatkan Dewan Adat Dayak Banjarmasin, Barisan Pertahanan Masyarakat Adat Dayak Kapuas, Kerukunan Dayak Manyan, keluarga korban, Ikatan Keluarga Madura dan tokoh Madura pun dilaksanakan.

Setelah ditangkap, pelaku langsung dijemput menggunakan pesawat Jat menuju Banjarmasin oleh Polda Kalsel sekitar pukul 12.00 Wita untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

"Yang bersangkutan dijerat Pasal 338 dan 340 KUHP. Kalau dari perencanaannya ada niat mengambil celurit, karena ada cek cok di jalan tidak terima pulang kerumah, ambil celurit kemudian kembali ke TKP," ujar Agung.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3355 seconds (0.1#10.140)