Penderita HIV/AIDS dari Kalangan Penyuka Sesama Jenis Meningkat

Sabtu, 20 Februari 2016 - 00:06 WIB
Penderita HIV/AIDS dari Kalangan Penyuka Sesama Jenis Meningkat
Penderita HIV/AIDS dari Kalangan Penyuka Sesama Jenis Meningkat
A A A
CIAMIS - Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, jumlah penderita HIV/AIDS saat ini mencapai 259 orang. Jumlah penderita dari kalangan penyuka sesama jenis meningkat.

Berdasarkan data tersebut, penderitanya dari berbagai latar belakang, berdasarkan faktor risiko, mulai dari yang tertular oleh pasangan (suami maupun istri), anak dari ibu yang telah mengidap, heteroseksual, bahkan sampai homoseks.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis drg Engkan Iskandar mengungkapkan, penderita HIV/AIDS dari kalangan homoseks di Ciamis cenderung mengalami lonjakan yang sangat signifikan.

Tahun 2012, penderita HIV/AIDS masih nihil. Setahun kemudian, tahun 2013 mulai terdata menjadi 10 orang. Pada tahun 2014, bertambah 11 orang. Terakhir, pendataan di tahun 2015 ada penambahan sebanyak 17 orang, sehingga totalnya menjadi 38 orang.

"Memang penderita HIV/AIDS masih didominasi oleh heteroseks, tapi perkembangannya tetap. Sedangkan untuk homoseks atau dari penyuka sesama jenis ini dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan. Artinya peningkatan saat ini didominasi oleh gay," ujarnya saat ditemui di Kantor Dinas Kesehatan Ciamis, Jalan Iwa Kusumasomantri, Jumat (19/2/2016).

Menurut dia, meningkatnya jumlah penderita HIV/AIDS dari sesama jenis ini karena perkembangan kasus LGBT saat ini semakin berkembang. Padahal, itu merupakan salah satu contoh masyarakat yang tidak menerapkan pola hidup bersih, bahkan cenderung dapat merusak kesehatan dan kondisi tubuh dengan kebiasaan yang tidak baik.

"Jelas LGBT itu penyimpangan, baik dari aturan kesehatan maupun agama itu dilarang. Risiko terhadap tertularnya penyakit terutama HIV/AIDS sangat besar."
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2884 seconds (0.1#10.140)