Longsor Melanda Dua Desa di Ciamis

Kamis, 11 Februari 2016 - 22:43 WIB
Longsor Melanda Dua Desa di Ciamis
Longsor Melanda Dua Desa di Ciamis
A A A
CIAMIS - Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, pada malam hari kemarin kembali menimbulkan bencana longsor. Tanah longsor melanda dua desa yakni Desa Nasol dan Desa Gegempalan di Kecamatan Cikoneng, Kamis (11/2/2016) dini hari.

Di Desa Nasol, terdapat tiga titik longsoran. Tebing setinggi enam meter dengan lebar 20 meter menimpa satu rumah milik warga hingga menyebabkan kerusakan pada bagian atap rumah. Sementara, lima rumah terancam terkena longsoran.

Kepala Desa Gegempalan Budi Wahyono mengatakan, bencana longsor terjadi juga di wilayahnya. Empat kolam ikan yang berisi sekitar 1 ton berbagai jenis ikan milik warga ikut tertimbun.

"Kalau untuk rumah tidak ada yang terkena longsor. Cuma kolam ikan saja. Hanya saja di bawahnya ada tiga rumah yang hampir terkena longsor, kerugiannya mencapai puluhan juta, untuk pastinya masih dihitung," terangnya.

Anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Ciamis wilayah Cikoneng Iman Setiaman menuturkan, longsor terjadi karena saluran irigasi yang berada di atas tertimbun tanah sewaktu hujan turun pada malam hari. Sehingga, air meluap dan mengikis tanah.

Karena tidak kuat menahan air, akhirnya tebing longsor dan menimpa rumah, selain itu juga menutup akses jalan warga. "Bencana ini sudah dilaporkan ke BPBD Ciamis supaya segera mendapat penanganan," ujarnya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8394 seconds (0.1#10.140)