144 Aliran Sesat Berada di Jawa Barat

Sabtu, 23 Januari 2016 - 19:26 WIB
144 Aliran Sesat Berada di Jawa Barat
144 Aliran Sesat Berada di Jawa Barat
A A A
BANDUNG - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Barat mencatat sebanyak 144 aliran kepercayaan di Jawa Barat diduga sesat. Salah satu di antaranya adalah Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar).

"Kami pernah menghitung, di Jawa Barat ini ada 144 aliran atau kelompok (Sesat)," kata Sekretaris Umum MUI Jawa Barat Rafani Achyar, kepada wartawan, Sabtu (23/1/2016).

Tapi diakuinya, mayoritas aliran sesat tersebut sudah tidak aktif secara organisasi atau kelompok. "Sekarang yang masih aktif paling hanya belasan. Sudah tidak sebanyak dulu," ungkapnya.

Di Jawa Barat, aliran kepercayaan yang muncul ibarat tren. Ketika muncul satu aliran, maka aliran lain yang hampir serupa juga bermunculan.

"Misalnya ketika muncul ada nabi palsu, ketika baru diselesaikan satu, muncul lagi di tempat lain," jelas Rafani.

Selain itu, ada juga aliran yang sebelumnya sudah dinyatakan sesat dan dilarang. Tapi aliran itu kemudian terlahir kembali dengan nama baru dan merekrut banyak anggota. Jika dibanding daerah lain, aliran sesat yang berkembang jauh lebih banyak.

"Ini yang menarik untuk diteliti, kenapa kok di Jawa Barat ini begitu marak. Di provinsi lain tidak?" tutur Rafani.

Diduga, masih banyak aliran kepercayaan yang menyimpang. Meski begitu, yang bersangkutan menjalankan kepercayaannya sendiri dan tidak menyebarkannya pada orang lain.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4814 seconds (0.1#10.140)