Polisi Amankan 9 Bom Rakitan Aktif dari Lokasi Baku Tembak di Poso

Sabtu, 16 Januari 2016 - 14:19 WIB
Polisi Amankan 9 Bom...
Polisi Amankan 9 Bom Rakitan Aktif dari Lokasi Baku Tembak di Poso
A A A
POSO - Pihak kepolisian di Poso, Sulawesi Tengah, mengamankan sedikitnya sembilan buah bom rakitan aktif dari lokasi Gunung Tineba di Kecamatan Poso Pesisir Selatan yang menjadi arena baku tembak antara belasan anggota kelompok teroris dengan 60 personel gabungan TNI-Polri.

Bom rakitan itu ditemukan dalam sebuah penyisiran yang dilakukan oleh petugas TNI-Polri di rumah gubuk yang menjadi base camp dari kelompok teroris Santoso.

Bom rakitan itu kemudian dievakuasi pada Jumat malam dari lokasi baku tembak yang berjarak sekitar 4 jam jalan kaki dari Desa Taunca, lalu dibawa dengan mobil Jibom Gegana Brimob Polda Sulawesi Tengah ke Kota Poso yang berjarak sekitar 30 km dari Desa Taunca.

Sembilan bom rakitan itu kemudian dijinakkan pada Sabtu pagi, sebelum diserahkan untuk pengembangan lebih lanjut oleh Satuan Identifikasi Forensik Polres Poso.

Bom rakitan yang diamankan petugas dari lokasi baku tembak di camp teroris itu menggunakan casing pipa paralon berdiameter 5x10 cm
yang diisi dengan potongan-potongan paku, besi, dan rantai motor.

Kepala Operasi Daerah Tinombala 2016 Kombes Pol Leo Bona Lubis mengatakan, saat baku tembak kelompok teroris membawa 11 buah bom
rakitan.

Meski berhasil menewaskan satu terduga teroris, namun dari lokasi kontak tembak itu aparat gabungan TNI-Polri tidak menemukan senjata api yang tertinggal. Diduga, senjata dari teroris yang tewas telah dibawa oleh anggota kelompok teroris yang melarikan diri dari arena baku tembak ke arah hutan.

Hingga kini keberadaan dari kelompok teroris Santoso itu masih diburu oleh aparat TNI-Polri dalam Operasi Tinombala 2016.

PILIHAN:

Keluarga Yakin Bahrun Naim Tak Terlibat Teror Sarinah
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0447 seconds (0.1#10.140)