Dua Bayi Macan Dahan Lahir di Bukittinggi

Minggu, 10 Januari 2016 - 10:59 WIB
Dua Bayi Macan Dahan Lahir di Bukittinggi
Dua Bayi Macan Dahan Lahir di Bukittinggi
A A A
BUKITTINGGI - Sepasang bayi macan dahan (neofelis nebulosa) lahir di Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan (TMSBK) Kota Bukittinggi, Sumatera Barat. Kedua bayi macan dahan itu lahir normal tiga hari lalu dan dalam kondisi sehat.

Kehamilan dan kelahiran yang pertama bagi macan dahan di kebun binatang ini cukup membanggakan dan tidak lazim. Sebab, kedua induk macan dahan ini berasal dari hutan yang berbeda.

Induk jantan merupakan penghuni lama kebun binatang ini, sedangkan induk betina, Sella, berasal dari hutan di Kabupaten Pesisir Selatan.

Biasanya, dua ekor macan dahan meski berbeda jenis kelamin tidak bisa disatukan. Keduanya akan berkelahi hingga salah satu di antaranya ada yang mati.

Masrizal, pawang macan dahan di TMSBK menyebutkan, bayi macan dahan yang pertama lahir Kamis (7/1/2016) sekitar pukul 16.00 WIB. Bayi kedua lahir malam harinya.

Meski secara umum kondisi sepasang bayi macan dahan ini dalam keadaan sehat, dokter hewan belum bisa berbuat banyak untuk memeriksa kondisi sepasang bayi ini.

Induk betina saat ini sangat sensitif dan tidak bisa diganggu oleh siapa pun, termasuk oleh induk jantannya yang kini sudah dipisah dari induk betina dan anaknya.

"Kondisi anaknya sekarang alhamdulilah sehat, makannya daging tambah ayam," kata Masrizal, Minggu (10/1/2016).

Kepala TMSBK Bukittinggi Ikbal menyebut, selain merupakan kehamilan dan kelahiran pertama macan dahan di kebun binatang ini, perkawinan kedua induk macan dahan jantan dan betina ini cukup spesial.

"Ini cukup membanggakan karena satwa ini datangnya dari tempat yang berbeda. Jadi alhamdulillah kami bisa menyatukannya, sehingga mereka bersatu sampai kemarin melahirkan sepasang anak," jelasnya.

Awal kehamilan induk betina macan dahan ini tidak terdeteksi oleh petugas. Kehamilan induk betina baru diketahui sekitar tiga bulan lalu, saat induk betina macan dahan mengalami perubahan fisik yang signifikan.

Dengan lahirnya dua bayi macandahan ini yang belum diberi nama ini, total koleksi harimau dahan di TMSBK Bukittinggi bertambah menjadi lima ekor.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9388 seconds (0.1#10.140)