Ngaku Bawa Bom, Penumpang Lion Air Diamankan

Jum'at, 08 Januari 2016 - 14:45 WIB
Ngaku Bawa Bom, Penumpang...
Ngaku Bawa Bom, Penumpang Lion Air Diamankan
A A A
YOGYAKARTA - Seorang perempuan berusia 65 tahun, LM, gagal terbang dengan pesawat Lion Air JT 565 penerbangan dari Bandara Adisutjipto Yogyakarta tujuan Bandara Soekarno-Hatta. Sebab, perempuan itu mengaku membawa bom.

Pesawat itu tetap terbang ke Cengkareng pada pukul 07.12 WIB. "Kita amankan seorang perempuan, karena ngaku bawa bom," kata General Manager Angkasa Pura I Bandara Adisutjipto Yogyakarta Agus Pandu Purnama, Jumat (8/1/2016).

Petugas bandara langsung mengamankan perempuan tersebut. Seluruh barang atas namanya turut diperiksa. Hasilnya, negatif, tidak ada bahan peledak seperti yang disampaikan.

"Kita amankan dia untuk diperiksa. Setelah pemeriksaan, kita serahkan ke pihak kepolisian karena merupakan warga sipil," jelasnya.

Untuk penerbangan, kata dia, tidak ada masalah. Artinya pesawat terbang sesuai jadwal. "Untuk dia, di-cancel, tak jadi terbang. Ada dua cucunya yang tidak jadi terbang. Jadi ada tiga penumpang yang pagi tadi gagal terbang ke Cengkareng," jelasnya.

Pandu mengaku ada aturan yang harus ditegakkan terkait layanan penerbangan, yakni Peraturan Menteri Perhubungan No 127 Tahun 2015 tentang Program Keamanan Penerbangan Nasional.

"Jika ada orang yang membahayakan penerbangan, ngaku bawa bom, bisa dikenai pidana. Sanksi hukuman lebih dari satu tahun," jelasnya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2104 seconds (0.1#10.140)