Warga Digegerkan Penemuan Tas Diduga Berisi Bom dalam Masjid

Jum'at, 19 Maret 2021 - 09:30 WIB
loading...
Warga Digegerkan Penemuan Tas Diduga Berisi Bom dalam Masjid
Tim Jibom Brimob Polda Sulsel saat mengevakuasi tas yang diduga berisi bom yang ditemukan di dalam masjid. Foto: Istimewa
A A A
GOWA - Warga Dusun Sanging-sanging Desa Pattalassang Kecamatan Patallassang Kabupaten Gowa, digegerkan dengan penemuan tas yang mencurigakan di atas kotak amal di dalam Masjid Al-Ikhlas.

Kasubag Humas Polres Gowa AKP Mangatas mengatakan, tas tersebut pertama kali diketahui oleh Abdul Azis dg Paewa (38) yang merupakan penjaga masjid, Kamis (18/03/2020) sekitar pukul 14.00 wita.

Saat itu, ia akan membersihkan masjid, kemudian melihat tas pinggang berwarna hitam di atas kotak amal dan disampingnya terdapat kertas berisi pesan. "Jangan dibuka Nanti menyesal".



"Karena penasaran lalu saksi membuka tas dan melihat bentuk kabel lalu saksi memindahkan tas dan kertas putih ke teras mesjid lalu menghubungi Pospol Pattallassang ," jelasnya, Jumat (19/3/2021)

Karena memasuki waktu salat Ashar saksi kemudian membuang tas ke lahan kosong sebelah kanan Masjid menggunakan kayu.

Selanjutnya ungkap AKP Mangatas, pada pukul 17.00 WITA Kapolsek Bontomarannu Iptu Bahtiar bersama Kapospol Pattallassang Iptu Abd Rasyid tiba dan mengamankan TKP lalu menghubungi Tim Jihandak Brimob Polda Sulsel.

"Sekitar pukul 18.10 WITA Tim Jihandak tiba di TKP dan melakukan sterilisasi lalu mengamankan tas pinggang yang mencurigakan serta kertas bertuliskan pesan "Jangan dibuka Nanti menyesal," paparnya.

Setelah Unit Jibom Brimobda sulsel melaksanakan deteksi menggunakan GT 200 dan X-RAY VIDISCO tidak ditemukan adanya komponen bom atau bahan peledak dalam isi tas melainkan berisi power bank beserta kabel data.



Setelah dilakukan deteksi terhadap isi tas selanjutnya pada pukul 18. 50 WITA Tim Jibom Brimobda Polda Sulsel meninggalkan TKP dan membawa barang Bukti Tas pinggang yang mencurigakan sementara kertas putih bertuliskan pesan diamankan di Polsek Bontomarannu.

Kapolres Gowa AKBP Budi Susanto berharap masyarakat tidak perlu panik namun tetap meningkatkan kewaspadaan. Dan bilamana menemukan orang tak dikenal dan mencurigakan agar segera melaporkan kepada pihak kepolisian terdekat.

"Terkait pemilik dari pada tas tersebut pihak kepolisian Polres Gowa masih melakukan penyelidikan dan menghimbau kepada semua pihak untuk tidak melakukan tindakan yang dapat meresahkan masyarakat," tandasnya.
(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2347 seconds (0.1#10.140)