Gunung Soputan Meletus, Asap Tebal Membumbung 2.000 Meter

Senin, 04 Januari 2016 - 23:17 WIB
Gunung Soputan Meletus, Asap Tebal Membumbung 2.000 Meter
Gunung Soputan Meletus, Asap Tebal Membumbung 2.000 Meter
A A A
MINAHASA - Gunung Api Soputan di perbatasan Kabupaten Minahasa Selatan dan Kabupaten Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara, meletus pada Jumat (4/1/2015) pukul 20.53 WIT.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho menjelaskan, PVBMG terhitung sejak pukul 18.00 WITA tadi menaikkan status Gunung Api Soputan dari waspada (level II) menjadi siaga (level III). Masyarakat atau pengunjung dilarang beraktivitas di dalam radius 4 Km dan sektoral 6,5 km ke arah Barat Daya-Barat-Barat Laut dari puncak Gunung Soputan.

"Pukul 20.53 WITA Gunung Soputan meletus dengan asap kelabu tebal setinggi 2.000 meter condong ke Tenggara," kata Sutopo dalam rilis yang diterima Sindonews, Jumat malam. Menurut Sutopo, lava pijar terlihat menuruni lereng gunung bagian timur dan suara gemuruh dari arah puncak gunung.

"Masyarakat belum perlu mengungsi karena permukiman masih jauh di luar dari radius yang dilarang," ujarnya. BPBD Kabupaten Minahasa Tenggara, lanjut Sutopo, masih melakukan koordinasi terkait dengan antisipasi yang harus dilakukan.

Hujan abu tipis terjadi di beberapa daerah seperti di Langowan di Minahasa. BPBD masih melakukan pemantauan daerah yang hujan abu vulkanik. Masyarakat di Minahasa Selatan dan Minahasa Tenggara tetap beraktivitas normal.

Tidak ada kepanikan karena masyarakat sudah terbiasa dengan kondisi erupsi Gunung Soputan yang sering meletus dengan intensitas yang tidak terlalu besar dan memberikan dampak merugikan.

Sutopo menungkapkan, dengan naiknya status Gunung Soputan menjadi siaga, maka dari 127 gunung api aktif di Indonesia ada satu status awas yaitu Gunung Sinabung, empat status siaga yakni, Gunung Soputan, Bromo, Karangetang, Lokon, dan 15 status waspada.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5804 seconds (0.1#10.140)