Perindo Hadir untuk Dorong Kesejahteraan Situbondo

Jum'at, 27 November 2015 - 03:15 WIB
Perindo Hadir untuk Dorong Kesejahteraan Situbondo
Perindo Hadir untuk Dorong Kesejahteraan Situbondo
A A A
SITUBONDO - Malam itu warga Situbondo dari berbagai elemen masyarakat berkumpul. Tokoh masyarakat, tokoh agama, nelayan, petani, pengamen, pengusaha hadir berkumpul berbaur jadi satu. Dialog pun terbangun dengan cair khas Jawa Timur-an.

Malam itu mereka berdiskusi dengan Cak HT, panggilan mereka untul Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo (HT). Sapaan akrab lagi masyarakat di timur pulau Jawa.

Kabupaten yang berbatasan dengan Selat Madura di sebelah utara dan Selat Bali di bagian timur itu masih memilliki pekerjaan rumah soal kesejahteraan masyarakatnya. Sekitar 292.000 masyarakatnya masih berada di bawah garis kemiskinan. Begitu pula pendidikan, sebagian besar masyarakatnya masih berpendidikan rendah. Itulah perbincangan awal dialog hangat malam itu, Rabu 25 November 2015.

Menurut HT, itulah wajah Indonesia saat ini. Di balik pesatnya pembangunan di perkotaan, sejumlah daerah masih bergelut dengan kemiskinan dan berbagai persoalan.

"Ya itulah potret negara kita saat ini. Pendidikan masih rendah, angka kemiskinan masih tinggi," ujar HT.

Selain pertanian, masyarakat Situbondo mengandalkan sektor perikanan. Karena itu, lanjut HT, nelayan membutuhkan perhatian khusus. Berbagai persoalan yang dialami nelayan saat ini modal untuk membeli peralatan yang lebih canggih, masih membelit.

Perhatian HT pada nelayan membangkitkan harapan Misnadin, nelayan asal Panarukan, sebuah kecamatan di Situbondo. Dia berharap kehidupannya dan nelayan lainnya bisa segera berubah lebih sejahtera.

"Saya selaku masyarakat nelayan Panarukan sangat berterima kasih sekali dengan hadirnya Cak HT di Situbondo. Karena selama ini, saya selaku masyarakat kecil, nelayan khususnya, belum tersentuh pemerintah daerah setempat. Makanya dengan adanya Bapak Hary Tanoe di sini, bagaimana caranya masyarakat Situbondo bisa dibuat perubahan semaksimal mungkin," katanya.

Harapan yang sama diungkapkan Badik S yang sehari-hari mengamen. Lewat sebuah lagu bertajuk Cak HT yang diciptakannya tiga hari lalu, pria gondrong itu menyampaikan harapannya agar HT bisa memimpin negeri ini. Menurutnya, HT bisa membawa perubahan di Indonesia termasuk Situbondo.

"Dengan kedatangan Cak HT ini, sepertinya Situbondo sudah mau berubah. Saya orang Situbondo, tapi Cak HT itu lebih tahu tentang Situbondo. Situbondo memang memerlukan partai yang benar-benar peduli terhadap kabupaten-kabupaten yang memang harus dimajukan," katanya.

Malam itu, HT menegaskan basis perjuangan Partai Perindo adalah mengangkat kesejahteraan masyarakat tertinggal seperti petani, nelayan, buruh, dan UMKM.

"Partai Perindo basis perjuangannya adalah mengentaskan kemiskinan. Jadi bagaimana kita bisa membuat masyarakat marginal meningkat secara kesejahteraan. Yang kami perjuangkan itu, termasuk di Situbondo tentunya," pungkas HT.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.7802 seconds (0.1#10.140)