Erupsi Gunung Barujari Pukul Pariwisata Bali dan Lombok

Selasa, 10 November 2015 - 02:12 WIB
Erupsi Gunung Barujari Pukul Pariwisata Bali dan Lombok
Erupsi Gunung Barujari Pukul Pariwisata Bali dan Lombok
A A A
DENPASAR - Kepala Dinas Pariwisata Bali Anak Agung Yuniarta Putra menyatakan kesedihannya. Bencana erupsi Gunung Barujari yang terjadi beberapa waktu belakangan telah melemahkan denyut pariwisata di Bali.

"Kami bersama Kementerian Pariwisata sedang gencar mempromosikan pariwisata Bali ke seluruh dunia. Kami sedih, yang datang bukan wisatawan, tapi bencana,” kata Anak Agung, kepada wartawan, Senin (9/11/2015).

Ditambahkan dia, pada bulan Agustus 2015, ketika Gunung Raung erupsi dan menyebarkan debu ke-360 penjuru mata angin, Bali juga terpukul. Saat itu, hampir tiga minggu bandara buka Ngurah Rai buka tutup, dan lebih banyak tutupnya.

Akibat bencana Raung saat itu, kunjungan wisatawan ke Bali turun 11%. Seperti diketahui, kunjungan wisatawan ke Bali setiap harinya mencapai 10.000 setiap hari. Bali penyumbang turis ke Indonesia terbesar, hampir 40%.

"Kami hanya bisa berdoa dan bersujud kepada Sang Pencipta. Semoga bencana ini segera reda dan suasana bisa kembali normal," terangnya.

Hal serupa diungkapkan Taufan Rahmadi, Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Nusa Tenggara Barat (NTB). Kepada wartawan, dia mengaku tidak bisa mengucap banyak perihal pariwisata di wilayahnya saat ini.

“Mungkin ini cara Tuhan memberi pelajaran buat kita semua untuk terus bekerja keras dan berinovasi dalam menghadapi gempuran tantangan di Kemenpar,” terang Taufan Rahmadi.

Kendati begitu, Taufan optimis masih menyimpan optimis dengan pariwisata di wilayahnya. Dengan adanya letusan Gunung Barujari, dia malah menemukan inspirasi baru soal Lombok sebagai destinasi gejala alam.

“Bagaimana erupsi ini justru dijadikan megnet untuk mendatangkan wisatawan, terutama yang ingin melihat baik proses gunung batuk-batuk mengeluarkan abu vulkanik sampai erupsi. Ini adalah objek bagi yang hobi trekking,” pungkasnya.

Meski demikian, Taufan maupun Anak Agung berharap bencana erupsi Gunung Barujari dapat segera berakhir dan denyut nadi pariwisata nasional dapat kembali bangkit.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6053 seconds (0.1#10.140)