Dua Bumil di Kota Cirebon Tertular HIV/AIDS

Sabtu, 07 November 2015 - 04:05 WIB
Dua Bumil di Kota Cirebon Tertular HIV/AIDS
Dua Bumil di Kota Cirebon Tertular HIV/AIDS
A A A
CIREBON - Sepanjang 2015 tercatat 690 kasus penularan HIV/AIDS di Kota Cirebon, Jawa Barat. Dua orang ibu hamil (bumil) diketahui tertular HIV/AIDS.

Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Cirebon mencatat, hingga awal November 2015 ada 55 kasus HIV/AIDS yang sampai mengakibatkan kematian.

Sekretaris KPA Kota Cirebon Sri Maryati mengungkapkan, sejak 2009 penularan HIV/AIDS di Kota Cirebon mengalami pergeseran dari jarum suntik ke perilaku seks berisiko yang dilakukan sesama jenis (homoseksual) maupun heteroseksual.

"Sejauh ini, sepanjang 2015 tercatat dua orang ibu hamil positif HIV/AIDS," ujarnya di sela workshop bertajuk Peran Remaja dalam Pencegahan dan Penanggulangan HIV/AIDS, Jumat (6/11/2015).

Menurutnya, upaya pencegahan penularan HIV/AIDS yang dilakukan KPA Kota Cirebon di antaranya bekerja sama dengan Kantor Urusan Agaram (KUA) dalam sosialisasi dan pemeriksaan terhadap calon pasangan pengantin yang akan menikah.

Pemeriksaan rutin juga telah dilakukan terhadap ibu hamil di puskesmas untuk mencegah penularan HIV/AIDS.

Sementara, untuk ibu hamil, lanjutnya, pencegahan relatif lebih mudah karena mereka tergolong rutin memeriksakan diri ke puskesmas.

Dia membeberkan, penanggulangan dan pencegahan penularan HIV-AIDS menghadapi tantangan terkait kesadaran mereka yang terbiasa hidup berisiko seks bebas untuk memeriksakan diri.

"Padahal Pemkot Cirebon telah menciptakan lima puskesmas yang bisa menerima pasien HIV/AIDS," katanya.

Karena itulah, KPA Kota Cirebon mencoba menggandeng kalangan remaja untuk mampu mendeteksi perilaku berisiko tertular HIV/AIDS di lingkungan sekitarnya. Setidaknya 50 remaja dari kelurahan dan mahasiswa turut dalam workshop yang digelar 6-8 November 2015.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4288 seconds (0.1#10.140)