Ribuan Bilik Suara KPUD Sragen Digondol Maling

Minggu, 01 November 2015 - 13:29 WIB
Ribuan Bilik Suara KPUD Sragen Digondol Maling
Ribuan Bilik Suara KPUD Sragen Digondol Maling
A A A
SRAGEN - Ribuan bilik suara milik Komisi Pemilihan umum Daerah (KPUD) Kabupaten Sragen raib digondol maling. Belum diketahui ke mana raibnya bilik suara yang disimpan di Gudang Logistik KPUD Sragen tersebut.

Hilangnya bilik suara itu pertama kali diketahui oleh Satpam KPUD Sragen Bambang Sadiyo, pada Jumat (30/10/2015). Saat itu yang bersangkutan diminta untuk mengambil bilik suara di gudang untuk dilakukan pendataan jelang Pilkada berlangsung. Namun dirinya kaget saat bilik suara yang jumlahnya ribuan itu raib dan tidak ada pada tempatnya.

Bilik suara yang hilang itu berada satu tempat dengan surat suara yang akan digunakan untuk pemilihan kepala daerah pada 9 Desember mendatang. Mengetahui kondisi tersebut, ia lantas melaporkan kejadian tersebut kepada Komisioner KPUD Sragen dan kemudian diteruskan ke Polres Sragen.

Kapolres Sragen Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Ari Wibowo mengaku langsung menerjunkan tim untuk melakukan oleh tempat Kejadian Perkara. Selain itu pihaknya langsung melakukan penyelidikan terhadap kasus pencurian tersebut. Sejumlah saksi juga langsung dimintai keterangan atas hilangnya aset milik negara tersebut.

Ari Wibowo menjelaskan, dalam pemeriksan yang dilakukan di lokasi, terdapat sedikit kejanggalan. Sebab, tidak ada kerusakan di bagian kunci maupun di bagian pintu masuk ke gudang logistik itu. Pihaknya masih terus melakukan pendalaman untuk mengetahui secara pasti dari mana kawanan pencuri itu masuk dan mengambil bilik suara yang ada.

Dari inventarisir awal yang ia lakukan setidaknya ada 9.622 bilik suara yang hilang. Belum diketahui secara pasti berapa kerugian yang ditimbulkan akibat hilangnya bilik suara tersebut. Namun, dugaan sementara kerugian yang ditimbulkan mencapai sekitar Rp500 juta.

"Kita masih terus mengembangkan kasus ini dengan mendalami pernyataan dari saksi-saksi yang ada," ucapnya.

Sementara itu Ketua KPUD Sragen Ngatmin Abass enggan berkomentar banyak mengenai kasus tersebut. Pihaknya menyerahkan secara penuh kasus itu kepada yang berwajib dan saat ini masih menunggu proses penyelidikan yang dilakukan oleh kepolisian.

PILIHAN:

Puluhan Siswa Disiksa saat Pendidikan Pramuka
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7280 seconds (0.1#10.140)