Demokrat Batal Usung Calon Bupati Petahana Kusdinar Yuni Sukowati

Sabtu, 05 September 2020 - 06:36 WIB
loading...
Demokrat Batal Usung Calon Bupati Petahana Kusdinar Yuni Sukowati
Demokrat Batal Usung Calon Bupati Petahana Kusdinar Yuni Sukowati. Foto/INewsTV/Joko Piroso
A A A
SRAGEN - Partai Demokrat batal mengusung Calon Bupati Petahana Kusdinar Untung Yuni Sukowati-Suroto di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 Kabupaten Sragen , Jawa Tengah.

Sebab saat pendaftaran ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) dari Partai Demokrat tak bisa memenuhi syarat administratif pengusungan. Hal ini lantaran Sekretaris DPC Partai Demokrat Saifudin, tidak hadir dan tidak membubuhkan tanda tangan saat pendaftaran Jumat (4/9/2020) petang. (Baca juga: Kena Jebakan Listrik 9 Warga Sragen Tewas, Perbup Larangan Disiapkan )

Proses pendaftaran menjadi molor akibat kesalahan administrasi tersebut. rombongan yang tiba ke kantor KPU Sragen pukul 15.00 lantas molor hingga 19.00 WIB. dengan batalnya Partai Demokrat mengusung Yuni-Suroto. Tersisa lima Parpol pengusung petahana bupati dan pasangannya itu. yakni PAN, Partai Golkar, PKB, PDIP dan Partai Nasdem. (Baca juga: Ditinggal Demokrat di Pilkada Kabupaten Bandung, Begini Jawaban PKS )

Dalam proses pendaftaran, Ketua KPU Sragen Minarso menyebut terdapat sejumlah opsi menyikapi ketidakhadiran sekretaris Partai Demokrat. Di antaranya, Partai Demokrat diminta mengurus segera penunjukan Sekretaris DPC pengganti Saifuddin. pada opsi ini sulit dilakukan dalam waktu segera karena membutuhkan SK dari Ketua Umum dan Sekjen DPP Partai Demokrat.

Selain itu opsi menunjuk Plt Sekretaris DPC Partai Demokrat dan mengulang pendaftaran dari awal dengan menghadirkan komponen komplit Ketua dan Sekretaris semua Parpol pengusung di lain waktu. Namun opsi ini tidak disepakati semua parpol pengusung. Akhirnya opsi melanjutkan pendaftaran tanpa pengusungan Partai Demokrat yang diambil.

Sementara itu, Politikus Inggus Subaryanto, mengaku terlemparnya Demokrat dari partai pengusung Yuni-Suroto merupakan tamparan keras bagi pengurus partai. Ini salah satu tamparan bagi Partai Demokrat. setelah proses ini berjalan dia terkejut ternyata tidak disertai sekretaris Partai.

Dia mengatakan, kejadian ini merupakan tindakan yang menyepelekan hal penting. Sebab jika tanda tangan yang paling urgent adalah tanda tangan Ketua dan Sekretaris. Ketika sekretaris tidak ada sudah maka asangat keterlaluan, tegasnya.

Sedangkan, Calon Bupati Petahana Kusdinar Untung Yuni Sukowati menyampaikan dengan ini resmi diusung lima parpol dari rencana enam parpol yang mengusung.

“Berkas dinyatakan lengkap dan pencalonan sudah diterima KPU yang mengusung kami ada 5 partai, semua adalah kawan tidak ada yang ditinggal dan meninggalkan kami tapi karena proses administrasi yang harus dilengkapi,” kata Yuni.

Yuni meyakinkan bahwa demokrat tetap mendukung perjuangan Yuni-Suroto. “Dalam pelaksanaan di lapangan tidak ada perbedaan antara pengusung atau pendukung,” ujar dia.
(nth)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0870 seconds (0.1#10.140)