Pertempuran Sengit 5 Jam Tentara Pelajar Melawan Belanda di Malang

Kamis, 01 Oktober 2015 - 05:00 WIB
Pertempuran Sengit 5 Jam Tentara Pelajar Melawan Belanda di Malang
Pertempuran Sengit 5 Jam Tentara Pelajar Melawan Belanda di Malang
A A A
Tentara Pelajar ( TP ) adalah suatu kesatuan militer yang ikut mempertahankan kemerdekaan Indonesia dimana para anggotanya dari para pelajar.

Terdapat beberapa istilah untuk penyebutan Tentara Pelajar yaitu di Jawa Timur Tentara Republik Indonesi Pelajar (TRIP) , di Jawa Tengah Tentara Pelajar (TP) ,di Jawa Barat Corps Pelajar Siliwangi (CPS).

Cikal bakal berdirinya Tentara Pelajar bermula dari para pelajar yang pada awal kemerdekaan tergabung dalam satu-satunya organisasi pelajar yaitu Ikatan Pelajar Indonesia (IPI).

Sewaktu Pemerintah Pusat Republik Indonesia hijrah dari Jakarta ke Yogyakarta, maka Pengurus IPI yang waktu itu diketuai oleh Tatang Machmud ikut pula hijrah ke Yogyakarta.

Memenuhi tuntutan banyak anggota IPI yang ingin mempunyai pasukan tempur sendiri, maka dibentuklah IPI Bagian Pertahanan yang kemudian berubah nama menjadi Markas Pertahanan Pelajar (MPP) .

MPP ini terdiri dari 3 resimen yaitu, Resimen A di Jawa Timur dipimpin oleh Isman, Resimen B di Jawa Tengah dipimpin oleh Soebroto, Resimen C di Jawa Barat dipimpin oleh Mahatma.

Kemudian pada 17 Juli 1946 di Lapangan Pingit Yogyakarta atas perintah Markas Besar Tentara Keamanan Rakyat (MBTKR), oleh Mayor Jendral dr. Moestopo, dikukuhkan dan dilantik pasukan pelajar menjadi Tentara Pelajar.

Nama Tentara Pelajar diberikan kepada bagian pertahanan IPI setelah melebur jadi Brigade 17 TNI pada tahun 1948 di bawah kendali Markas Besar Komando Djawa (MBKD).

Kesatuan pelajar ini dibagi menjadi 4 Detasemen, untuk Jawa Timur yang lebih dikenal dengan nama Tentara Republik Indonesia Pelajar (TRIP) di bawah komando Isman.

Di Solo, Semarang dan sekitarnya di bawah komando Achmadi. Kemudian di Yogyakarta, Kedu, Banyumas, Pekalongan dan sekitarnya di bawah komando Martono.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
berita/ rendering in 0.0856 seconds (10.177#12.26)