Hutan Gunung Dempo di Perbatasan Pagaralam-Lahat Terbakar

Kamis, 29 Oktober 2015 - 22:08 WIB
Hutan Gunung Dempo di Perbatasan Pagaralam-Lahat Terbakar
Hutan Gunung Dempo di Perbatasan Pagaralam-Lahat Terbakar
A A A
PAGARALAM - Hutan yang berada di kaki Gunung Dempo bagian Selatan dekat perbatasan Pagaralam–Jarai, Kabupaten Lahat terbakar.

Pantauan di lapangan menyebutkan, kebakaran tidak jauh dari lokasi hutan lindung di kawasan Talang Camai, Kelurahan Selibar, Kecamatan Pagaralam Utara.

Kepulan asap kebakaran lahan terlihat jelas dari bawah. Kemungkinan, kebakaran akibat warga membuka lahan.

Namun, pasca kejadian ini belum ada keseriusan pihak terkait untuk menindaklanjuti temuan kebakaran lahan yang diduga kuat secara sengaja dilakukan oleh oknum-oknum yang tak bertanggung jawab.

Anggota Satgas BPBD Kota Pagaralam Kusmi mengatakan, untuk lokasi kebakaran merupakan wilayah Sukamerindu, Kabupaten Lahat. Kendati demikian kejadian ini tetap dimonitor karena berdekatan dengan perbatasan.

"Kejadian ini sudah dilaporkan dengan Koramil 10 Pagaralam untuk berkoordinasi dengan koramil disana," jelas dia, Kamis (29/10/2015).

Selain di kawasan perbatasan, kata Kusmi, kebakaran juga terjadi di Talang Nanding, Kelurahan Lubuk Buntak, Kecamatan Dempo Selatan. Sedikitnya 1 hektare lahan kering hangus terbakar.

“Petugas langsung diterjunkan bersama dua mobil pemadam kebakaran. Hal ini agar api tidak meluas ke areal perkebunan warga lainnya,” paparnya.

Sementara itu, Danramil 10 Kota Pagaralam, Kapten Inf Khodri mengatakan, pihaknya terus berkoordinasi dengan pihak terkait untuk melakukan pengecekan di lapangan.

“Titik api sudah kita pantau dari jalur Rimau di ketinggian sekitar 1.300 mdpl. Dari lokasi ini, kebakaran cukup terlihat jelas dengan kepulan asap tinggi dibalik punggungan bukit dan sulit ditempuh. Lokasinya merupakan wilayah perbatasan Pagaralam – Sukamerindu, Lahat,” tukasnya.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5002 seconds (0.1#10.140)