Padamkan Kebakaran Lahan dan Hutan, TNI Gunakan Fire Terminator

Jum'at, 23 Oktober 2015 - 06:59 WIB
Padamkan Kebakaran Lahan dan Hutan, TNI Gunakan Fire Terminator
Padamkan Kebakaran Lahan dan Hutan, TNI Gunakan Fire Terminator
A A A
PEKANBARU - Pemadaman kebakaran lahan dan hutan di Provinsi Riau terus dilakukan Satuan Tugas (Satgas) Penanggulangan Bencana Asap akibat Kebakaran Lahan dan Hutan (Karlahut).

Komandan Pangkalan Udara Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru Marsma TNI Henri Alfiandi mengatakan, untuk melakukan pemadaman petugas mendapat bantuan fire terminator slam liquid sebanyak 2.000 liter Fire yang dibawa oleh pesawat CN-295 TNI AU.

"Ini adalah bantuan yang diberikan langsung oleh Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Agus Supriatna untuk mengatasi bencana asap yang masih terjadi," katanya, Kamis (22/10/2015).

Danlanud menambahkan, fire terminator adalah cairan yang tak hanya mampu memadamkan api dan menghilangkan asap, tetapi juga akan mampu memutus rantai api atau mencegah terjadinya kembali kebakaran.

“Cairan ini juga dapat mengikat zat-zat radikal bebas yang timbul akibat adanya kebakaran lahan, sehingga dapat memutus rantai api. Kemudian yang tak kalah penting, cairan ini ramah lingkungan," lanjut jendral bintang satu ini.

Mengenai bagaimana nanti penggunaannya, Danlanud menjelaskan bahwa akan direncanakan bagaimana cara terbaiknya, apakah nanti dapat langsung di sebar dengan helikopter, atau digunakan secara langsung di darat.

“Inilah yang akan dikaji dan diteliti oleh Tim Litbang TNI AU yang hadir saat ini, sehingga akan diperoleh cara yang terbaik untuk mengatasi masalah bencana asap yang terjadi," sambungnya.

Adanya bantuan ini menunjukkan bahwa TNI AU akan terus melakukan segala upaya untuk membantu mengatasi kesulitan yang dialami oleh rakyat Indonesia, salah satunya adalah mengatasi bencana asap akibat kebakaran lahan dan hutan.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4143 seconds (0.1#10.140)