Hutan Papua Terbakar, Penerbangan Dihentikan

Sabtu, 17 Oktober 2015 - 14:21 WIB
Hutan Papua Terbakar, Penerbangan Dihentikan
Hutan Papua Terbakar, Penerbangan Dihentikan
A A A
PAPUA - Akibat bertambahnya titik api di wilayah selatan Papua, mengakibatkan kabut asap di Kota Timika kian hari kian pekat. Hal ini mengakibatkan seluruh penerbangan komersil terjadwal disetop sementara.

Bahkan, pihak Bandara Moses Kilangin Timika sudah menyatakan menutup kegiatan penerbangan, kecuali penerbangan perintis yang jarak tempunya dibawah 30 menit.

Sudah lebih dari sepekan kondisi udara di Kota Timika diselimuti kabut asap akibat kebakaran hutan di sekitar wilayah pesisir Papua selatan. Kondisi ini diperparah dengan tidak adanya hujan.

Dari hasil pantaun BMKG Kota Timika, penyebaran kabut asap yang melanda Kota Timika sudah terjadi sejak pertengahan September 2015. Namun karena cuaca kering, jumlah titik api terus bertambah.

Menurut catatan dan pantauan BMKG, sampai hari ini titik api sudah mencapi 142 titik api. Dari seluruh titik api di Papua, ditemukan yang paling banyak berada Kepulauan Yos Sudarso, Distrik Kimam, Kabupaten Merauke.

Akibat dari makin pekatnya kabut asap di Kota Timika, wargapun mulai mengkhawatirkan kondisi ini, karena selama ini hampir 15 tahun belum pernah terjadi kabut asap di Kota Timika.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4500 seconds (0.1#10.140)