TNGM Ajak Masyarakat Hijaukan Lahan Terbakar

Jum'at, 16 Oktober 2015 - 04:00 WIB
TNGM Ajak Masyarakat Hijaukan Lahan Terbakar
TNGM Ajak Masyarakat Hijaukan Lahan Terbakar
A A A
SLEMAN - Untuk memulihkan lahan yang terbakar, Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) tidak akan bekerja sama dengan pihak ketiga lagi. TNGM memilih mengajak masyarakat sekitar.

"Kerja sama dengan JICA dan Sumitomo sudah selesai. Nanti restorasi kawasan menunggu. Bisa juga nanti bekerja sama dengan masyarakat lokal," kata Kepala TNGM Edy Sutiyarto, Kamis (15/10/2015).

Pihaknya selama ini memang bekerja sama dengan JICA dan Sumitomo untuk melakukan pemulihan lahan. Terutama akibat bencana erupsi pada 2010.

Bencana kebakaran di kawasan tersebut pada 2015 ini pun mengakibatkan lahan restorasi yang bekerja sama dengan pihak ketiga ikut terbakar. Puluhan hektare lahan beserta tanaman penghijauan terutama di Kecamatan Srumbung dan Dukun, hangus. "Tapi tetap ada tanaman yang masih bisa selamat. Sekarang pun sudah mulai ada yang semi."

Sementara, Fungsional Pengendali Ekosistem Hutan TNGM Dhany Suryawan mengatakan, pemulihan lahan yang terbakar tersebut menunggu datangnya musim hujan. "Nanti akan kita pilih tanaman-tanaman yang memang bisa tahan kekeringan dan cepat tumbuh," ucapnya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6371 seconds (0.1#10.140)