Tolak Eksplorasi Gunung Lawu, Bupati Surati Kementerian ESDM

Senin, 12 Oktober 2015 - 12:15 WIB
Tolak Eksplorasi Gunung Lawu, Bupati Surati Kementerian ESDM
Tolak Eksplorasi Gunung Lawu, Bupati Surati Kementerian ESDM
A A A
KARANGANYAR - Pemerintah Kabupaten Karanganyar bakal melayangkan protes kepada Kementerian ESDM terkait rencana eksplorasi Gunung Lawu.

Protes tersebut dilakukan agar gunung yang berbatasan langsung dengan Jawa Timur itu tidak dieksplorasi untuk Kepentingan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTPB).

Bupati Karanganyar Juliyatmono, mengatakan dalam waktu dekat ini pihaknya bakal melayangkan surat penolakan eksplorasi tersebut.

Surat itu kata dia merupakan protes resmi yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Karanganyar terkait rencana eksplorasi dan penolakan terhadap pembangunan PLTB di Lereng Lawu.

Ia menyebutkan dilayangkannya surat protes itu berdasarkan berbagai alasan dan berbagai pertimbangan yang ada.

Menurutnya Gunung tersebut secara teknis tidak cocok untuk dieksplorasi. Jika hal itu dipaksakan nantinya justru akan menimbulkan kerusakan alam yang tidak sedikit di Gunung yang konon disakralkan oleh masyarakat Pulau Jawa tersebut.

Juliyatmono mencontohkan selama ini banyak gunung-gunung yang sudah dieksplorasi untuk diambil sumber daya alamnya.

Akan tetapi eksplorasi itu selalu menyisakan hal yang negatif di gunung yang ada. Bahkan kata dia dampak negatif itu juga dirasakan di daerah-daerah yang ada di sekitar lokasi eksplorasi.

"Konon katanya di dalam gunung itu terdapat sumber air panas yang jumlahnya cukup banyak, ya inilaih yang rencananya akan dieksplorasi, namun jika itu dilakukan nantinya justru menimbulkan kerusakan," sebutnya.

Selain melayangkan protes ke Kementerian ESDM, pihaknya juga meminta pemerintah agar segera merubah Status Gunung Lawu menjadi Taman Nasional.
Dengan status itu nantinya Gunung Lawu tidak bisa seenaknya dieksplorasi oleh siapapun karena sudah ada aturan yang jelas.

Seperti diketahui, Kementerian ESDM menetapkan Gunung Lawu menjadi Wilayah Kerja Panasbumi (WKP). Rencananya Gunung Lawu bakal dieksplorasi karena memiliki potensi daya listrik sebesar 165 Megawatt (MW).

Saat ini Kementerian ESDM sudah melakukan lelang terkait perusahaan yang bakal melakukan eksplorasi di gunung itu.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5576 seconds (0.1#10.140)