Warga Temukan Dua Granat Aktif di Sungai Kapuas

Kamis, 08 Oktober 2015 - 14:26 WIB
Warga Temukan Dua Granat Aktif di Sungai Kapuas
Warga Temukan Dua Granat Aktif di Sungai Kapuas
A A A
PONTIANAK - Seorang warga Gang Kayu Manis, Kecamatan Pontianak Barat, Kota Pontianak, Kalimantan Barat, Kamis Bujang (56) menemukan dua granat aktif di Sungai Kapuas, tepatnya di bawah Jembatan Tol Kapuas II, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya.

Awalnya, dia tidak mengetahui bahwa yang dia temukan itu merupakan granat aktif. Dia diberitahu temannya, Nasir, bahwa yang ditemukan itu adalah granat. Lalu dia melaporkan hal tersebut ke Polsek Pontianak Barat.

"Saya lagi nyari besi di dasar Sungai Kapuas. Saat saya mencari besi bekas menggunakan magnet, terangkat dua butir granat aktif. Kemudian penemuan ini langsung saya laporkan ke Polsek Pontianak Barat," ujar Kamis seusai membuat BAP di Polsek Pontianak Barat Jalan Kom Yos Sudarso, Pontianak, Kamis (8/10/2015).

Dia menceritakan, posisi granat yang dia temukan berdekatan satu sama lain dalam kondisi berlumpur.

Halimah, warga Gang Kasturi, Pontianak Barat, mengaku panik ketika tahu yang dibawa Kamis itu merupakan granat. "Granat itu melekat di besi berani dua biji. Untung tidak meledak. Kalau meledak habislah kita," ceritanya.

Halimah juga mengatakan granat yang ditemukan itu berbentuk bulat seperti nanas. "Bentuknya kayak nanas jika gigit terus lempar meledak kayak di film-film," urainya.

Kapolsek Pontianak Barat Kompol Joko Sulistyono membenarkan penemuan granat di Sungai Kapuas ini. "Dia biasa mencari besi di kawasan itu. Kemudian dia temukan dua gumpalan lumpur yang dikiranya besi," ujar Joko, Kamis (8/10/2015).

Granat militer tipe nanas MK 1 ini, lanjut dia, diserahkan langsung pada Satuan Gegana Brimob Polda Kalbar.

PILIHAN:
Derita ISPA akibat Kabut Asap, Bayi 28 Hari Meninggal
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6558 seconds (0.1#10.140)