Bandara Pekanbaru Lumpuh, Pemulangan Jamaah Haji Pakai Kapal

Senin, 05 Oktober 2015 - 10:44 WIB
Bandara Pekanbaru Lumpuh, Pemulangan Jamaah Haji Pakai Kapal
Bandara Pekanbaru Lumpuh, Pemulangan Jamaah Haji Pakai Kapal
A A A
PEKANBARU - Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru, Riau, masih lumpuh karena kabut asap. Padahal sesuai jadwal, hari ini jamaah haji asal Riau sudah pulang ke daerah masing-masing.

Karena itu, Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Riau terpaksa menggunakan kapal laut untuk pemulangan jamaah haji.

Kasi Pembinaan Haji dan Umrah Kemenag Riau Asril mengatakan hari ini jamaah haji asal Riau yang berasal dari embarkasi Batam sudah diberangkatkan.

"Karena kondisi asap, pesawat tidak bisa ke Pekanbaru. Kita terpaksa melakukan pemulangan jamaah haji menggunakan kapal laut," kata Asril, Senin (5/10/2015).

Dia menjelaskan bahwa jamaah haji yang dalam proses pemulangan berasal dari kloter II yakni Kabupaten Bengkalis. Jamaah haji yang berangkat dari Batam itu berjumlah 214 orang. "Mereka sudah kita berangkatkan dari pelabuhan di Batam pukul 08.00 WIB tadi," ucap Asril lagi.

Pemulangan jamaah haji juga dilakukan melalui bandara lain. Bandara yang dituju adalah Minangkabau di Padang, Sumatera Barat. "Hari ini ada juga jamaah haji kloter II asal Kabupaten Rohul yang akan diterbangkan dari Bandara Hang Nadim Batam ke Padang. Dari Padang kemudian melanjutkan perjalanan ke Rohul melalui bus," ucapnya.

Sementara itu Airport Duty Manager Bandara SSK II Pekanbaru Ibnu Hasan mengatakan saat ini belum ada aktivitas di bandara. "Jarak pandang akibat kabut asap sampai hari ini masih mengganggu aktivitas bandara. Sejauh ini belum ada penerbangan karena jarak pandang hanya 500 meter."
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6266 seconds (0.1#10.140)