Tiap Tahun Penderita Katarak Bertambah 300 Ribu

Jum'at, 25 September 2015 - 17:43 WIB
Tiap Tahun Penderita Katarak Bertambah 300 Ribu
Tiap Tahun Penderita Katarak Bertambah 300 Ribu
A A A
YOGYAKARTA - Jumlah penderita katarak di Indonesia cukup tinggi mencapai 1,5 % dari populasi penduduk atau lebih dua juta jiwa.

Dimana jumlah tersebut terus meningkat karena setiap tahunnya bertambah sekitar 300.000 penderita katarak baru.

Ketua Persatuan Dokter Ahli Mata Indonesia (Perdami) Yogyakarta Agus Supartoto mengatakan, sejauh ini jumlah dokter mata baru ada 1200 orang.

Meski upaya untuk menangani pasien katarak terus dilakukan, namun setiap tahunnya masih banyak yang belum dapat tertangani.

"Padahal pasien katarak itu terus bertambah, setiap tahunnya sampai 300 ribu orang," katanya dalam kegiatan operasi katarak gratis di RS Bethesda Yogyakarta, Jumat (25/9/2015).

Ketidaktahuan masyarakat bahwa katarak dapat disembuhkan dengan operasi, juga ketidakmampuan biaya untuk pengobatan membuat jumlah penderita katarak itu terus meningkat.

Sehingga dengan semakin banyak kegiatan bakti sosial operasi katarak gratis diakui Agus dapat mempercepat penanganan pengobatan penderita katarak.

"Denga bakti sosial dapat mempercepat, dengan BPJS Kesehatan juga mulai mempercepat, sekarang rumah sakit banyak yang penuh pasien katarak," pungkasnya.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 3.6512 seconds (0.1#10.140)