Lokasi Kebakaran Gunung Sindoro Sulit Dijangkau

Rabu, 23 September 2015 - 18:00 WIB
Lokasi Kebakaran Gunung Sindoro Sulit Dijangkau
Lokasi Kebakaran Gunung Sindoro Sulit Dijangkau
A A A
SOLO - Kebakaran yang terjadi di kawasan Gunung Sindoro di Jawa Tengah sulit dipadamkan. Medan berat membuat Tim SAR kesulitan menjangkau lokasi kebakaran.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Tengah Sarwa Pramana mengatakan, kebakaran yang terjadi di Gunung Sindoro terdeteksi Selasa (22/9/2015) sekitar pukul 18.30 WIB.

Namun, tim gabungan dari TNI, Polri dan relawan saat itu tidak bisa mengecek ke lokasi karena hari sudah gelap. Baru pada pagi harinya mulai bergerak mendekati titik api yang berada di wilayah Wonosobo. "Jaraknya dari permukiman penduduk masih cukup jauh," ungkap Sarwa Pramana di Solo, Rabu (23/9/2015).

Tim gabungan kesulitan menjangkau ke lokasi karena kondisi sangat curam. Bahkan, lokasi itu tidak mungkin dijangkau melalui cara vertical resque. Sehingga, sejauh ini yang baru dapat dilakukan adalah memantau dari jarak 1,5 kilometer.

Tim dari daerah lainnya seperti Temanggung, Purbalingga, dan Magelang siap diterjunkan untuk membantu pemadaman. Namun hal itu dinilai belum perlu karena menjangkau titik api sangat susah. Bahkan, tingkat kesulitannya melebihi lokasi kebakaran yang ada di Gunung Merbabu dan Gunung Merapi.

Dirinya tidak hafal titik lokasi kebakaran. "Yang jelas, lokasi yang terbakar baru sebatas semak semak. Kami juga belum dapat menyebutkan berapa luas petak yang terbakar," pungkasnya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2100 seconds (0.1#10.140)