30 Hektare Hutan Jati di Sragen Terbakar

Sabtu, 19 September 2015 - 03:00 WIB
30 Hektare Hutan Jati di Sragen Terbakar
30 Hektare Hutan Jati di Sragen Terbakar
A A A
SRAGEN - Sedikitnya 30 hektare (ha) hutan rakyat di Kecamatan Gondang dan Kecamatan Sambirejo, Sragen, Jawa Tengah, terbakar, Jumat (18/9/2015).

Hutan jati yang terbakar itu terletak di Dukuh Suko, Desa Tegalrejo, Kecamatan Gondang dan Dukuh Jatirejo, Kelurahan Sambi, Kecamatan Sambirejo.

Mendapat laporan kebakaran, petugas pemadam kebakaran Sragen dibantu petugas kepolisian setempat dan warga berjibaku memadamkan kobaran api di hutan jati yang dipenuhi daun kering. Karena area kebakaran cukup luas, mobil pemadam pun tidak dapat menjangkau. Sejumlah petugas pemadam turun langsung dan berupaya memadamkan api dengan cara manual.

Apabila tidak segera tertangani, kebakaran tersebut kemungkinan besar dapat merambat ke permukiman warga sekitar. Kebakaran yang terjadi sejak pukul 09.00 WIB itu berhasil dipadamkan pada pukul 15.00 WIB.

Salah seorang saksi mata, Imam Supardi (42), warga Dukuh Suko mengatakan tidak mengetahui persis pemicu kebakaran tersebut. Dirinya hanya melihat kepulan asap tebal saat hendak pulang berladang pada Jumat sekitar pukul 09.00 WIB.

Sebelum membakar hutan jati di Kecamatan Gondang, menurutnya, api telah membakar hutan jati di Dukuh Jatirejo, Kelurahan Sambi, Kecamatan Sambirejo.

Kepala Desa Tegalrejo Heru Setyawan memastikan kebakaran di hutan rakyat yang sebagian besar ditanam pohon jati tersebut disebabkan cuaca panas dan gesekan ranting. Hal itu diperparah dengan banyaknya daun jati kering di lokasi.

"Yang terbakar sekitar 30 hektare, sebagian di Desa Sambi, Sambirejo, sebagian di Desa Tegalrejo, Kecamatan Gondang," katanya di lokasi kebakaran.

PILIHAN:

Diperkosa Tiga Pemuda hingga Hamil, Wanita Tunawicara Ini Lapor Polisi
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3644 seconds (0.1#10.140)