Terjebak Saat Kebakaran Hutan, 4 Pendaki Dempo Diselamatkan

Kamis, 17 September 2015 - 17:59 WIB
Terjebak Saat Kebakaran Hutan, 4 Pendaki Dempo Diselamatkan
Terjebak Saat Kebakaran Hutan, 4 Pendaki Dempo Diselamatkan
A A A
PAGARALAM - Sebanyak empat pendaki lokal dari Dusun Muara Siban, Kecamatan Dempo Utara yang sempat mendaki puncak Gunung Dempo berhasil diselamatkan dari kebakaran.

Sebelumnya kebakaran hutan Gunung Dempo diketinggian sekitar 2.000 mdpl- 2.500 mdpl ini nyaris mengancam keselamatan para pendaki tersebut.

Tak pelak, keluarga pendaki yang mendapat kabar kebakaran yang meluas ke arah puncak langsung melakukan penjemputan melalui Pintu Rimau. Beruntung, empat pendaki yang beberapa diantaranya pelajar ini berhasil diselamatkan.

“Keempat pendaki dievakuasi oleh belasan keluarganya. Mereka berada di puncak saat punggung Gunung Dempo terbakar. Mereka dievakuasi melalui jalur Kampung Empat,” kata Kabid Penanggulangan Bencana BPBD Kota Pagaralam Kusmi, Kamis (17/9/2015).

Menurut Kusmi pihaknya belum mendapat laporan rinci mengenai nama-nama pendaki tersebut namun menurut informasi merupakan pendaki lokal dari Dusun Muara Siban, Kecamatan Dempo Utara.

Sementara itu upaya pemadaman terhadap kebakaran hutan lindung di Gunung Dempo terus dilakukan. Hari ini dua heli pemadam kebakaran dari Satgas Bencana Kebakaran Lahan dan Hutan Sumsel berupaya memadamkan kobaran api yang membakar Hutan Lindung Gunung Dempo. Heli mondar mandir mengambil air di Danau Tebat Gheban dengan jarak kurang lebih 15 kilometer dari lokasi kebakaran.

Pantauan menyebutkan, heli yang berputar-putar di udara Kota Pagaralam membuat masyarakat heboh. Sontak, Danau Tebat Gheban ramai dikunjungi ratusan masyarakat yang ingin melihat heli mengambil air.

Wakil Walikota Pagaralam Novirzah Djazuli mengatakan bantuan Heli M 171 ini datang pada Kamis pagi sekitar pukul 09.00 WIB. Kedua heli itu langsung berusaha memadamkan titik api yang ada di Gunung Dempo.

“Titik api padam. Namun, belum dapat dipastikan berapa jumlahnya karena masih ada api dan pemadaman akan kembali dilanjutkan besok," kata dia.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8540 seconds (0.1#10.140)