Alwin Sitorus Didukung Jadi Plt Bupati

Selasa, 15 September 2015 - 08:47 WIB
Alwin Sitorus Didukung Jadi Plt Bupati
Alwin Sitorus Didukung Jadi Plt Bupati
A A A
SERDANGBEDAGAI - Alwin Sitorus disebut-sebut bakal menjadi Plt Bupati Serdangbedagai (Sergai).

Sejumlah elemen masyarakat setempat memberi respons positif terkait penunjukan tersebut. Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Sumut tersebut dinilai sosok potensial yang bisa membangun Sergai. Terutama soal pelaksanaan Pilkada Sergai tahun 2015 pada 9 Desember mendatang.

“Kehadiran Plt ini merupakan hal penting untuk mengisi kekosongan pimpinan daerah saat ini. Terlebih menghadapi Sergai sekarang ini yang dalam fase pilkada suksesi periode 2015-2020,” ungkap Ketua Himpunan Masyarakat Adat (Himasdat) Sergai, Syahril Matondang, Senin (14/9). Syahril mengingatkan dalam masa tugas nanti, Plt bertanggung jawab atas kelancaran pelaksanaan program pembangunan hingga TA 2015 berakhir.

Kemudian harus mampu mengendalikan sosial politik yang pastinya begitu memanas seiring pelaksanaan pilkada. “Tak hanya bisa mengatur penyelenggaraan pemerintahan hinggaberakhirnyaTA 2015. Tapi melihat pengalamannya, kita optimistis bila Plt (Alwin) nanti bisa menjaga Sergai tetap kondusivitas pilkada berakhir,” kata Syahril.

Beruntungnya, kata Syahril, karena Alwin adalah sosok PNS yang tak memiliki jejak rekam buruk. Apakah itu terkait kasus korupsi ataupun kriminalitas. Dengan pengalaman ini membuat Alwin adalah sosok yang berkondite dan berkomitmen sebagai pengayom dan pelayan masyarakat. Di sisi lain, Alwin tak dipungkiri memiliki hubungan kerabat Plt Gubsu T Erry Nuradi. Namun menurut Syahril, situasi itu bukan hal yang selalu berdampak buruk.

Sebaliknya sangat dimungkinkan sebagai tanggung jawab moral untuk memperlihatkan kinerja yang baik. “Tentu saja kepribadian itu akan memberikan jaminan kinerja pemerintahan yang baik. Juga jiwa kepemimpinan ini siap memberikan netralitas PNS, yangbegitudituntutsaat pilkada sekarang ini,” kata Syahril. Tanggapan serupa juga dilontarkan Daniel Sembiring, Ketua Marga Silima Sergai.

Dia mengatakan, sangat bodoh bila Alwin nanti merusak reputasi T Erry Nuradi sebagai bapak pembangunan Sergai sejak 2005 awal pemekaran lalu. “Nah, di Sergai siapa yang tak sayang sama beliau (T Erry Nuradi). Meski suksesinya 2010-2015 harus berhenti di tengah jalan, karena menjabat Wagubsu,” kata Daniel.

Tapi setidaknya, kata Daniel, nama baik T Erry selama menjadi Bupati Sergai menjadi garansi bagi Alwin untuk bertanggung jawab moral kesungguhannya membangun Sergai.

Erdian wirajaya
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5231 seconds (0.1#10.140)