BMKG Ingatkan 6 Daerah di Sulut Terancam Kekeringan

Sabtu, 12 September 2015 - 11:20 WIB
BMKG Ingatkan 6 Daerah di Sulut Terancam Kekeringan
BMKG Ingatkan 6 Daerah di Sulut Terancam Kekeringan
A A A
MANADO - Badan Meteolorogi Klimatologi dan Geofisika (BKMG) Sulawesi Utara (Sulut) mengeluarkan peringatan dini untuk waspada kekeringan pada enam kabupaten/kota di Sulut.

Kepala Seksi Observasi Stasiun Klimatologi Kayuwatu Manado Asep Hendrawan mengatakan, dari perhitungan peta hari tanpa hujan (HTH) maka sekira enam kabupaten/ kota masuk dalam ketegori ekstrim kekeringan, sebab sudah lebih dari 61 hari tidak mengalami hujan.

“Dari pamantauan kami ada beberapa titik yang masuk dalam katagori ekstrim seperti Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), Bitung, Minahasa, Minahasa Utara (Minut) Manado dan Sitaro,” jelas Hendrawan, Sabtu (12/9/2015)

Menurut dia, wilayah yang masuk katagori kekeringan ekstrim tersebar di delapan titik. Seperti wilayah Bolmut, Likupang Timur Kabupaten Minut, Pineleng Kabupaten Minahasa, Pinasungkulan dan Lembeh Utara Kota Bitung, Tagulandang Kabupaten Sitaro, Malalayang Kota Manado, Lolak Kabupaten Bolmong.

“Memang dari beberapa titik wilayah ada yang sudah lebih dari 70 hari tidak kena hujan bahkan yang paling ekstrim sudah 82 hari,” paparnya.

Dijelaskannya, dari perkiraan potensi el nino di Sulut cenderung menguat pada periode Agustus hingga Oktober 2015. Oleh karena itu pihaknya mengimbau kepada pemerintah daerah untuk waspada terhadap dampak negatif yang bisa ditimbulkan akibat kemarau panjang.

“Jadi kami harap ada pihak terkait dapat secara nyata dan berkesinambungan mengedukasi warga agar tidak membakar lahan atau perkebunan, karena dampak keabkaran bisa menyebar,” tandasnya.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7162 seconds (0.1#10.140)