Pemko Dorong Penguatan Diversifikasi Pangan

Jum'at, 11 September 2015 - 11:31 WIB
Pemko Dorong Penguatan Diversifikasi Pangan
Pemko Dorong Penguatan Diversifikasi Pangan
A A A
MEDAN - Plh Wali Kota Medan Syaiful Bahri Lubis mengajak seluruh pemangku kepentingan di bidang pangan untuk lebih inovatif melahirkan terobosan dan gagasan baru guna menguatkan diversifikasi (penganekaragaman) produk pangan.

Menurut Syaiful, sebagai kota metreopolitan, Medan pasti menghadapi banyak tantangan, seiring dengan pertambahan jumlah penduduk. Untuk itu, diversifikasi pangan sangat diperlukan di Kota Medan.

“Kota Medan adalah kota multikutural sehingga sangat mendukung keanekaragaman produk kuliner yang dapat dihasilkan, termasuk untuk mendukung konservasi pangan masyarakat,” ujar Syaiful saat menghadiri acara peringatan Hari Pangan Sedunia tingkat Kota Medan, di Lapangan Pertiwi, Kamis (10/9). Turut hadir dalam acara ini Ketua TP PKK Kota Medan Nyonya Suti Saidah Syaiful Bahri, Kepala BBPOM Medan Ali Bata Harahap, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kota Medan, pimpinan Satuan Kerja Perangkat (SKPD), serta Camat se Kota Medan.

Menurut Syaiful, pangan merupakan kebutuhan manusia yang paling esensial sehinga ketersediaannya bagi masyarakat luas harus terjamin. Namun, untuk mencapai ketahanan pangan yang kuat, dibutuhkan tekad, kesungguhan, kerja keras, pendekatan sistematis, dan koordinasi semua pihak, baik jajaran pemerintah daerah dan pusat, dunia usaha, maupun stakeholder di bidang pangan.

Syaiful menambahkan, terpenuhinya kebutuhan pangan yang cukup, baik jumlah maupun mutu gizinya, sangat berpengaruh terhadap kualitas sumber daya manusia yang dihasilkan, sehingga pembangunan ketahanan pangan masyarakat merupakan kebijakan strategis. Atas dasar itu, perlu diperkuat koordinasi dan harmonisasi kebijakan yang bermura pada pengentasan kemiskinan, peningkatan SDM, dan kesejahteraan masyaraakt seluas- luasnya.

Acara peringatan Hari Pangan Sedunia ini juga dirangkai berbagai lomba. Antara lain lomba cipta menu beragam, bergizi, seimbang, dan aman dengan peserta anggota PKK; cerdas cermat pangan beragam, bergizi, dan seimbang dengan peserta siswa SD; serta pameran produk olahan oleh kelompok binaan. Kemudian, pemberian bantuan sosial optimalisasi pemanfaatan lahan pekarangan; pemberian bantuan makanan tambahan bagi anak balita rumah tangga rawan pangan; serta pemberian bantuan sarana/ prasarana kepada UKM, dan home industru pengolahan pangan.

“Saya nilai kegiatan lomba cipta menu pangan bergizi, seimbang dan aman berbasis sumber daya lokal ini cukup strategis. Karena merupakan bagian dari sistem peringatan dini kepada kita semua akan kecendrungan kebutuhan pangan tingkat daerah yang terus meningkat,” kata Syaiful.

Kepala Badan Ketahanan Pangan Kota Medan Emilia Lubis mengatakan, kegiatan itu bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kepedulian masyarakat sekaligus untuk menstimulasi dan memotivasi para pemangku kepentingan guna berpartispasi aktif dalam pembangunan ketahanan pangan dan penyebaran tehnologi yang efektif dan efesien.

Irwan siregar
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6881 seconds (0.1#10.140)