Napi Teroris Poso Dipindah ke Lapas Pekalongan

Jum'at, 11 September 2015 - 10:44 WIB
Napi Teroris Poso Dipindah ke Lapas Pekalongan
Napi Teroris Poso Dipindah ke Lapas Pekalongan
A A A
PEKALONGAN - Rudianto alias Jundi alias Mahmud alias Faisal, 28, teroris kasus bom Mapolres Poso 2013, dipindahkan ke Lapas Kelas 2A Pekalongan.

Pemindahan napi teroris yang juga meledakkan Pos Polantas Poso itu mendapat pengawalan ketat petugas. Sebelum kedatangan napi jaringan Mujahidin Indonesia Timur itu, jajaran Polresta Pekalongan sudah mempersiapkan pengamanan. Setidaknya satu truk Satuan Dalmas berpakaian lengkap. Sebagian di antara mereka juga membawa senapan laras panjang.

Sekitar pukul 11.15 WIB, rombongan yang membawa teroris tiba di Lapas Kelas 2 A Pekalongan. Rudianto berada di dalam mobil Isuzu Elf dengan dikawal sejumlah Satuan Brimob serta sebuah Avanza dan Honda Jazz hitam berisi petugas berpakaian preman di belakangnya. Rombongan dikawal pula oleh mobil sedan Satuan Patwal Jalan Raya (PJR) Polresta Pekalongan.

Sekitar lima menit kemudian, dengan pengawalan polisi, Rudianto turun dari mobil dan langsung dibawa masuk ke lapas Kelas 2A Pekalongan. Kepala Lapas Kelas 2A Pekalongan Suprapto mengaku sudah menyiapkan sel khusus untuk Rudianto. Dia juga sudah mendapatkan informasi terkait pemindahan napi teroris itu sekitar dua bulan lalu. “Ukuran sel 3 x 6 meter. Sebetulnya bisa untuk 3 orang. Itu sel khusus, bukan sel isolasi,” tandasnya.

Sementara itu, Kapolresta Pekalongan AKBP Luthfie Sulistiawan, membenarkan bahwa napi tersebut merupakan pindahan dari Mako Brimob Kelapa Dua Jakarta. Pihaknya mengaku memberikan pemeriksaan standar terhadap Rudianto. “Pengamanan standar. Di obyek sini (lapas) satu regu,” ungkapnya.

Prahayuda febrianto
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.7001 seconds (0.1#10.140)