Pagaralam Mulai Dilanda Kabut Asap

Jum'at, 11 September 2015 - 01:05 WIB
Pagaralam Mulai Dilanda Kabut Asap
Pagaralam Mulai Dilanda Kabut Asap
A A A
PAGARALAM - Kota Pagaralam mulai dilanda kabut asap sehingga mengganggu pernapasan bagi warga yang beraktivitas di luar rumah.

Berdasarkan pantauan, saat ini dari pagi hingga sore hari pemandangan indahnya Kota Pagaralam tertutup kabut asap.

Biasanya, dengan kondisi cuaca cerah dari kaki Gunung Dempo terlihat hamparan hutan dan bukit. Namun, saat ini yang terlihat asap putih pekat yang menyelimuti.

Andi (34) warga Kota Pagaralam mengatakan, bencana kabut asap untuk Kota Pagaralam baru kali ini terjadi. Dimana, asap sudah mengganggu untuk bernapas.

"Asap seperti ini saja sudah menganggu apalagi jika sudah tebal seperti di Palembang dan daerah lainnya," kata dia.

Untuk Kota Pagaralam, kebakaran lahan sangat minim sehingga hutan masih bisa menjadi paru-paru bumi.

"Kami minta pembakar lahan untuk dihukum seberat-beratnya. Hanya untuk kepentingan pribadi mengorbankan orang banyak karena asap pembakaran hutan perkebunan," tegas dia.

Sementara itu, Kepala BPBD Kota Pagaralam Herawadi mengatakan, pihaknya sudah menyebarkan personel untuk memantau titik api. Jika terjadi kebakaran pihaknya langsung terjun untuk memadamkan api.

"Kebakaran lahan selama ini terjadi akibat puntung rokok yang dibuang di pinggir jalan. Namun, api cepat kita tanggulangi," timpal dia.

Untuk asap yang ada saat ini, kata dia, akibat kiriman dari daerah lain. Sebab, untuk pembukaan lahan pihaknya melarang keras dengan cara dibakar. Dimana, pelaku bisa diancam sanksi tegas.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5559 seconds (0.1#10.140)