Uji Coba PLTSa Babakan Dibatalkan

Rabu, 09 September 2015 - 09:44 WIB
Uji Coba PLTSa Babakan Dibatalkan
Uji Coba PLTSa Babakan Dibatalkan
A A A
BANDUNG - Pemkab Bandung membatalkan proses uji coba Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) yang berada di area TPA Babakan, Kecamatan Ciparay, Kabupaten Bandung, yang rencananya digelar dalam waktu dekat.

Itu dilakukan pas - cadihentikannya proyek pem - bangunan karena masih ba - nyaknya warga yang belum pa - ham fungsi dari alat tersebut. Wakil Bupati Bandung De - den R Rumaji yang langsung men datangi lokasi TPA me nga - ta kan, sesuai dengan ke se pa - katan pemkab resmi meng hen - ti kan proyek PLTSa.

Pihaknya ju ga akan melakukan evaluasi de ngan pengembang seiring de - ngan tidak maksimalnya so sia - li sasi kepada warga yang berada di kawasan itu sehingga terjadi aks i protes. “Terkait alat biodigester yang telah terpasang akan kami ba has lagi. Apakah akan di bong - kar atau tetap di sini dilihat per - kem bangan nanti,” ujar Deden, kemarin.

Menurut dia, untuk saat ini pi haknya fokus terlebih dulu untuk memberikan pe ma ha - man terlebih dulu kepada warga tiga desa yakni Rancakole, An - col, dan Babakan termasuk mem benahi proses pe ri zi nan - nya. Pemerintah juga be ren cana mengajak perwakilan war ga berangkat ke Negeri Jiran Malaysia yang telah sukses men erapkan konsep ini.

Hal itu se bagai upaya pemerintah men - jawab pertanyaan dan ke ta ku - tan warga terkait keamanan da - ri proyek PLTSa yang se be nar - nya telah terjamin. Meski proyek ini dihentikan ka rena masih terus dievaluasi, De den memastikan bila upaya pe nataan TPA Babakan yang men jadi lokasi utama pem bua - ngan sampah warga Kabupaten Ban dung akan terus dilakukan da lam hal ini oleh Dinas Pe ru - ma han Tata Ruang dan Ke ber si - han (Dispertasih).

Dia juga ber - ha rap agar TPA tetap berfungsi de ngan proses pengelolaan yang perlu dimaksimalkan. “Saat ini persoalan pro kon - tra PLTSa alhamdulilah sudah clear. Truk sampah yang sempat di hadang pun bisa kembali me - ngangkut ke TPA,” ucapnya.

Kepala Dispertasih Ka bu pa - ten Bandung Erwin Rinaldi me - nu turkan, walaupun uji coba alat biodigester untuk melihat pro ses pendaur ulangan sam - pah terpaksa dibatalkan tapi bu kan berarti upaya yang men - jadi tanggung jawab pihaknya da lam menyelesaikan per soa - lan sampah di Kabupaten Ban - dung terhenti.

Instansinya te - tap akan melakukan upaya pe - na taan TPA agar lokasinya da - pat lebih baik termasuk dari as - pek lingkungan. “Masih banyak pekerjaan yang harus kami lakukan se per - ti penataan TPA Babakan meski pro yek PLTSa dihentikan,” ka - tanya.

Erwin pun tak banyak ber ko - men tar terkait kemungkinan ter buruk bila akhirnya PLTSa ini benar-benar tak bisa di rea li - sa si kan di Kabupaten Bandung m engingat alat biodigester te - lah terpasang di area TPA Ba ba - kan lebih dari sebulan yang lalu. Mes ki begitu, dirinya akan te - tap bekerja sesuai tupoksi ter - ma suk mengakomodasi ke ingi - nan warga.

Dila nashear
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6349 seconds (0.1#10.140)