Kebakaran Hanguskan 6 Ruko di Samarinda

Minggu, 06 September 2015 - 21:26 WIB
Kebakaran Hanguskan 6 Ruko di Samarinda
Kebakaran Hanguskan 6 Ruko di Samarinda
A A A
SAMARINDA - Kebakaran hebat melanda enam ruko di Jalan Citra Niaga, Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim). Petugas pemadam kebakaran sempat kesulitan memadamkan api karena ruko yang bertingkat dan saling berdempetan.

Menurut Kasi Tanggap Bencana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kaltim Abdulrahman, informasi kebakaran pertama dia terima pada pukul 12.30 WITA. Api pertama kali muncul dari toko barang eletronik dan plastik.

“Api pertama muncul di lantai dua toko tersebut yang banyak menyimpan barang yang terbuat dari plastik. Karena plastik, petugas kesulitan memadamkan api,” kata Abdulrahman, kepada wartawan, Sabtu (6/9/2015).

Ruko yang terbakar berada di antara ruko yang lainnya sehingga api merembet ke bangunan lainnya yang saling menempel. Seluruh unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api.

“Karena ini bangunan bertingkat, kami juga kerahkan mobil tangga,” tambahnya.

Api baru dapat dipadamkan dua jam kemudian. Sejumlah pemilik toko lainnya tampak sibuk mengamankan barang dagangannya. Beberapa ruko terpaksa dipecahkan kacanya untuk memudahkan pemadaman.

Seorang korban, Alepntus mengaku, dirinya bingung dengan pemilik ruko yang menjadi tempat awal mula kebakaran. Semestinya, di ruko tetangganya itu tidak perlu menyimpan banyak barang.

“Dia menyimpan barang-barangnya terlalu numpuk, harusnya kan gak boleh. Di lantai dua dijadikan gudang, gudang penjualan, jadi banyak sekali. jadi apinya kan numpuk di situ, bangunan yang lain-lain biasa aja,” kata Alpentus.

Menurutnya, kebakaran di ruko ini sudah empat kali terjadi. “Ini sudah yang keempat kali. Soalnya rumah saya di sebelah ruko yang terbakar itu," pungkasnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5684 seconds (0.1#10.140)