Kejar Ikan, Buruh Tenggelam di Polder

Rabu, 02 September 2015 - 07:56 WIB
Kejar Ikan, Buruh Tenggelam di Polder
Kejar Ikan, Buruh Tenggelam di Polder
A A A
TEGAL - Seorang buruh serabutan, Agus Nasuha, 41, warga Desa Ketanggungan, Kecamatan Adiwerna, Kabupaten Tegal tewas tenggelam saat tengah memancing di Polder Bayeman, Kelurahan Kaligangsa, Kecamatan Margadana, Kota Tegal.

Upaya pencarian yang dilakukan Tim SAR gabungan baru membuahkan hasil kemarin. Informasi yang dihimpun, korban dilaporkan tenggelam pada Senin (31/8) sekitar pukul 09.00 WIB. Menurut penuturan seorang saksi mata, Tumiran, 55, warga Kelurahan Kaligangsa, Kecamatan Margadana, Kota Tegal, korban sebelum kejadian tengah memancing di pinggir polder yang ada di sisi sebelah selatan.

Saat tengah memancing korban berteriak ada ikan bandeng besar. Korban kemudian menceburkan diri ke dalam air bermaksud untuk menangkap ikan bandeng itu. Namun sesampai di tengah polder, diduga korban kehabisan tenaga sehingga tenggelam. "Pas lagi mancing dia berteriak ada ikan bandeng besar. Terus dia terjun ke air mau nangkep setelah itu tenggelam. Mungkin kelelahan atau nggak bisa berenang,” kata Tumiran.

Melihat korban tenggelam, Tumiran lalu melapor ke warga lain dan diteruskan ke Polsek Sumurpanggang. Tak lama kemudian personel SAR gabungan dari Kota dan Kabupaten Tegal, Kabupaten Brebes, Lanal, dan Polair Polres Tegal Kota datang ke lokasi untuk melakukan pencarian dengan membuahkan perahu karet. Namun upaya pencarian dengan menyusuri area polder yang memiliki kedalaman sekitar 8 meter tak membuahkan hasil.

Sekitar pukul 18.00 WIB upaya pencarian dihentikan karena kondisi di kawasan polder gelap. Upaya pencarian kembali dilanjutkan kemarin dan baru membuahkan hasil sekitar pukul 11.00 WIB. Dalam pencarian hari kedua tersebut sejumlah personel Basarnas Semarang turut membantu dengan mengerahkan satu perahu karet dan dua orang penyelam.

Total ada empat penyelam yang dikerahkan dengan dua lainnya dari Lanal Tegal. Salah satu penyelam dari Lanal Tegal, Peltu SAA Lucky Setiabudi, mengatakan jenazah ditemukan berada di kedalaman air dengan radius sekitar 8 meter dari lokasi tenggelamnya korban. "Jenazah akhirnya berhasil kita temukan pukul 11.15 WIB," kata Lucky kemarin.

Farid firdaus
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5917 seconds (0.1#10.140)