Atraksi Jathilan Hibur Pengunjung Sermo

Senin, 31 Agustus 2015 - 11:27 WIB
Atraksi Jathilan Hibur...
Atraksi Jathilan Hibur Pengunjung Sermo
A A A
KULONPROGO - Pengunjung objek wisata Waduk Sermo yang berada di Hargowilisi, Kokap disuguhi dengan atraksi kesenian lokal.

Setidaknya ada empat pagelaran seni yang digelar di pinggiran Waduk. Ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kunjungan wisatawan di samping melestarikan kesenian lokal. Atraksi seni yang digelar oleh Dinas Pariwisata DIY bekerja sama dengan Disbudparpora Kulonprogo ini didanai menggunakan dana keistimewaan DIY (Danais).

Sejak pagi pengunjung dihibur dengan tarian Kipas, Nawung Sekar, Ulo-ulonan, dan Retno Asri yang disuguhkan anak-anak dari Sanggar Semusim. Menjelang siang, wisatawan juga akan menikmati jathilan Turonggo Bekso Iromo dari Tirto, Hargowilis, Kokap. Jathilan ini menampilkan pemain yang didominasi perempuan. Bahkan kelompok ini pernah meraih juara pada festival jathilan yang digelar di Kulonprogo.

Sementara pada sore harinya juga ditampilkan kesenilan jathilan rampak galuh Jati dari Samigaluh. “Kami ingin mengolaborasikan promosi dengan kesenian daerah untuk mendongkrak kunjungan wisatawan,” kata Kabid Pemasaran Wisata, Hudi Priyanti. Kegiatan ini, tidak hanya untuk menarik wisatawan untuk datang dan berkunjung.

Namun juga menjadi bagian melestarikan dan mengembangkan kesenian yang ada di daerah. Pada 2015 ini, ada 10 pentas seni yang akan dilak-sanakan di objek wisata, baik di Puncak Suroloyo, Embung Tonegoro, maupun di Waduk Sermo dan Pantai Glagah. “Memang banyak objek wisata baru, tetapi anggarannya menyebut di empat ini,” katanya.

Salah seorang pengunjung Alya Pravitya menyambut baik adanya kegiatan atraksi seni di objek wisata. Apalagi Kulonprogo memiliki banyak potensi wisata baru yang sedang diminati pengunjung. Hal ini akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk datang. “Tadi dari Kalibiru terus mampir di Sermo dan ada ini,” ujarnya.

Kuntadi
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6794 seconds (0.1#10.140)