Mengedepankan Sektor Pertanian dan Pariwisata

Senin, 31 Agustus 2015 - 11:27 WIB
Mengedepankan Sektor Pertanian dan Pariwisata
Mengedepankan Sektor Pertanian dan Pariwisata
A A A
Sadar akan potensi Kabupaten Gunungkidul, calon bupati Djangkung Sudjarwadi berjanji akan memerhatikan sektor pertanian dan pariwisata demi menggerakan perekonomian warga.

Calon bupati yang didapuk PDIP ini menegaskan dirinya tak takut terjerat kasus korupsi jika terpilih nanti. Sebab pemerintahan yang dipimpinnya bakal menerapkan transparansi dan akuntabel.

Berikut petikan wawancara KORAN SINDO YOGYAdengan Djangkung Sudjarwadi belum lama ini.

Apa niat Anda mengikuti pilkada?

Niat saya adakah membangun Gunungkidul untuk menjadi lebih maju dengan mengedepankan sektor pertanian dan pariwisata.

Siapa yang mendorong Anda maju?

Yang mendorong saya adalah situasi lingkungan dan diri saya sendiri. Ini yang mendorong saya maju di Pilkada 2015. Yang mengubah total adalah ketika saya berada di Rumah Transisi Jokowi.

Bagaimana respons keluarga di rumah?

Saya maju juga atas dasar keluarga saya. Waktu itu saya memberikan pengertian. Istri dan anak-anak saya akhirnya bisa memahami dan semua mendukung. Pokoknya dibalik seorang Djangkung, ada istri saya.

Tidak takut terjerat kasus korupsi karena sekarang banyak bupati kena kasus?

Itu butuh revolusi mental artinya harus dimulai dari bawah, yaitu desa dan juga kabupaten. Semua harus transparan akuntabel. Untuk itu dibutuhkan pengkajian dengan membuat pencegahan korupsi layaknya dikembalikan pada pakta integritas. Jadi tidak takut terjerat karena sudah sesuai.

Apakah Anda tak dimintai mahar oleh parpol?

Tidak ada mahar di PDIP, maka kami buat gerakan rakyat dan juga gerakan relawan. Semua harus bekerja untuk pemenangan.

Lalu, modal apa yang Anda punya sehingga berani maju?

Modal saya konsep untuk bisa menyejahterakan petani dan juga pegawai. Dengan peningkatan pendapatan petani, perkembangan sektor pariwisata, maka perlu ada tambahan gaji bagi PNS di Gunungkidul. Dengan demikian, (mereka) bisa dituntut profesionalitas kerjanya, tidak ada lagi korupsi baik korupsi anggaran maupun korupsi waktu.

Target yang ingin dicapai jika terpilih?

Meningkatkan produktivitas pertanian dengan adanya dukungan perda untuk menjaga harga pasar. Harga harus sesuai dengan cost (biaya) dan margin profit. Pokoknya petani jadi semangat bertani dan tidak merantau.

Menurut Anda, apa masalah yang dihadapi kabupaten yang ingin dipimpin?

Pelayanan yang lamban dan juga kebijakan yang kurang prorakyat.

Solusinya?

Dibutuhkan revolausi mental. Dimulai dari desa bisa melayani masyarakat dengan cepat dan tepat.

Program unggulan apa yang Anda tawarkan?

Program unggulan kami adalah memikirkan hajat hidup warga Gunungkidul yaitu kebijakan yang propetani. Petani Gunungkidul harus mulai bangkit dengan produk-produk organik. Kami juga akan jamin harga jual hasil pertanian. Begitu juga dengan kinerja pe gawai negeri sipil harus ditingkatkan dan didukung dengan adanya intensif tambahan yang sah dan ti dak melanggar aturan.

Bagai ma na cara Anda berbagi tugas dengan wakil Anda nantinya?

Semestinya tidak ada dikotomi yang menyatakan wakil adalah ban serep. Namun istilahnya adalah dwitunggal. Meskipun ada aturan di UU Pemerintah Daerah me ngenai tugas masing-masing. Kami semua memiliki niat untuk pembagian da ri awal, sehingga itu sudah kami pikirkan.

Suharjono
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4381 seconds (0.1#10.140)
pixels