Jalan Sehat Agustusan Berhadiah Jerami

Senin, 17 Agustus 2015 - 10:28 WIB
Jalan Sehat Agustusan Berhadiah Jerami
Jalan Sehat Agustusan Berhadiah Jerami
A A A
KULONPROGO - Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-70, banyak disemarakkan dengan kegiatan Jalan Sehat.

Seperti di Pedukuhan Blumbang, Karangsari, Pengasih. Uniknya hadiah yang dibagikan tidak hanya berupa benda elektronik. Tetapi juga jerami untuk pakan sapi Ratusan warga Pedukuhan Blumbang ini mengikuti jalan sehat sepanjang lima kilometer mengelilingi pedukuhan. Peserta dilepas oleh Kepala Dukuh Subandiyo dengan menggunting pita. Selesai acara, seluruh peserta berkumpul untuk membagikan hadiah. Mulai dari televisi warna, kipas angin, setrika, dan ratusan hadiah lainnya.

Termasuk puluhan ikat jerami yang banyak dijual di pinggir jalan untuk pakan ternak. “Jalan sehat sudah rutin dilaksanakan setiap tahun,” kata Subandiri. Sumber dana untuk membuat hadiah, banyak ditopang dari donator dan sponsor. Bahkan warga yang merantau maupun KKN UGM ikut peduli dan memberikan doorprize. Tokoh masyarakat Blumbang, Widodo mengatakan semua doorprize yang dibagikan harus memiliki nilai guna dan manfaat.

Sehingga banyak perkakas rumah tangga yang dibagikan. “Banyak warga yang memelihara sapi, jadi saat acara mereka tidak bisa merumput. Itu sangat membantu,” katanya. Menurutnya, usulan pemberian doorprize berupa jerami justru datang dari masyarakat. Saat musim kemarau harga jerami semakin mahal dan sulit diperoleh. Toh jika yang dapat anak-anak juga bisa dijual kepada warga yang lain.

“Malah ada warga yang minta rumput kolonjono juga dijadikan doorprize,” katanya. Salah seorang warga, Paryono, mengaku senang mendapatkan doorprize berupa jerami. Setidaknya akan meringankan bebannya dan tidak perlu membeli jerami untuk pakan sapi. “Lumayan dapat jerami, bisa buat pakan,” tandasnya.

Kuntadi
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8993 seconds (0.1#10.140)