Paskibra Medan Dikukuhkan

Sabtu, 15 Agustus 2015 - 10:53 WIB
Paskibra Medan Dikukuhkan
Paskibra Medan Dikukuhkan
A A A
MEDAN - Plh Wali Kota Medan Syaiful Bahri mengukuhkan 40 putra dan putri terbaik Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibra) Kota Medan 2015.

Pengukuhan ini ditandai dengan pemasangan sabuk dan pembacaan ikrar oleh seluruh paskibra di Pendopo Rumah Dinas Wali Kota Medan, Jumat (14/8). Plh Wali Kota Medan Syaiful Bahri mengatakan, bila direnungkan kembali sejarah mengibarkan merah putih hingga di puncak tiang harus mengorbankan berpuluh ribu nyawa manusia.

Karena itu, perlu usaha gigih, perjuangan senjata yang tidak henti-hentinya, dan strategi untuk mempertahankannya. Dengan mengingat sejarah, seluruh anggota paskibraka diharapkan mampu memaknai dan menumbuhkan rasa nasionalisme terhadap bangsa dan negara.

“Menjadi anggota paskibra tidaklah mudah dan harus melewati berbagai seleksi serta pengujian. Ini karena tugas yang Ananda emban tidak mudah. Mungkin mengibarkan bendera pada upacara memang tidak susah, di mana semua dalam keadaan tenang dan khidmat,” ujar Syaiful.

Syaiful berpesan ke-20 pasangan paskibra yang baru dikukuhkan dapat menjadi duta pembangunan di lingkungan sosial masing-masing. Selain itu, menjadi pelopor pembangunan di tingkat lingkungan, kelurahan, dan kecamatan, baik itu kebersihan, tertib lalu lintas, solidaritas sosial, budaya dan pembaruan sosial, guna mendorong percepatan dan perluasan pembangunan kota dengan basis partisipasi.

“Selamat menjalankan tugas dan jaga kesehatan serta stamina demi kesuksesan tugas yang akan diemban. Jadilah kebanggaan orang tua, keluarga, agama, dan seluruh masyarakat. Kepada instruktur, saya mengucapkan terima kasih telah mendidik mereka,” kata Syaiful.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Medan, Abdul Azis mengungkapkan, dari 450 putra dan putri dari kalangan pelajar SMA, baik negeri dan swasta di Kota Medan yang diseleksi akhir April 2015, terdiri atas 40 orang putra dan putri atau 20 pasang dinyatakan lulus dan dilatih menjadi Paskibra Kota Medan.

Paskibra Kota Medan ini dilatih dengan instruktur dari Batalion Kaveleri 6 Serbu. Tugas yang diemban mereka adalah peringatan HUT Kota Medan 1 Juli lalu dan puncaknya Hari Kemerdekaan RI ke-70 pada Senin, 17 Agustus 2015.

Lia anggia nasution
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8967 seconds (0.1#10.140)