Pengawas Sekolah Diminta Tingkatkan Profesionalisme

Jum'at, 07 Agustus 2015 - 10:00 WIB
Pengawas Sekolah Diminta Tingkatkan Profesionalisme
Pengawas Sekolah Diminta Tingkatkan Profesionalisme
A A A
MEDAN - Dunia pendidikan tidak terlepas dari tanggung jawab pemerintah, orang tua, dan masyarakat, termasuk elemen pendukung, yaitu pengawas sekolah. Karena itu, lembaga pendidikan harus dipimpin orangorang profesional sehingga dapat menciptakan pendidikan yang berkualitas.

Hal itu disampaikan Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota Medan, Syaiful Bahri, pada acara seminar nasional pendidikan terdahsyat 2015 yang digelar Asosiasi Pengawas Sekolah Indonesia (APSI) Kota Medan bekerja sama dengan Pemko Medan, di Aula Fakultas Kedokteran, Universitas HKBP Nomensen (UHN) Medan, Kamis (6/8). Syaiful menyebutkan, selama ini salah satu elemen yang berperan mendukung peningkatan mutu sekolah yakni pengawas sekolah.

Peranan ini sangat penting dan strategis, karena salah satu faktor penentu peningkatan mutu pendidikan sekolah adalah pengawas yang profesional, kepala sekolah profesional, serta guru profesional dan berkualitas. Dengan begitu akan tercipta pendidikan yang bermutu. Untuk itulah seminar ini diharapkan dapat merangsang peningkatan mutu pendidikan di Kota Medan.

Dengan peran dan fungsi masing-masing yang saling bersinergi, Syaiful yakin mampu mendongkrak mutu pendidikan di Kota Medan. “Sesudah reformasi, pendidikan bisa bersustainable karena di sini ada ahlinya dan juga ada guru-guru. Masak kita kalah dengan Malaysia, dulu dia yang belajar sama kita, hari ini kita ditinggalkan. Kita terseokseok karena SDM kita tak jelas.

Saya harap pendidikan ini dapat berubah karena pendidikan dapat mengubah bangsa,” ungkap Syaiful. Ketua APSI Kota Medan, Lambok Pamancar Saragi, mengatakan, seminar ini bertujuan meningkatkan profesionalisme pengawas sekolah serta guru dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) dalam rangka revolusi mental.

Dengan seminar ini, tenaga pendidik diharapkan dapat meningkatkan potensi dalam menghadapi MEA, dan nantinya dapat mengubah mindset untuk memperbaiki mutu pendidikan, khususnya di Kota Medan. Bukan hanya itu, segmen para pengawas sekolah, kepala sekolah, guru, dan mahasiswa, diharapkan nantinya ada kerja sama yang baik, termasuk kerja sama antara seluruh stakeholder, pemangku pendidikan, dalam peningkatan dunia pendidikan di Kota Medan.

“Seminar ini merupakan program kerja APSI Kota Medan, dan ke depannya kami akan melakukan seminar kepada para pemuda sebagai generasi penerus untuk bagaimana mempersiapkan kaderkader generasi penerus. Sebab, masa depan suatu negara ada di tangan pemuda, dan APSI akan mengakomodasi semua aspirasi pemuda tersebut,” ujar Lambok.

Sementara ketua panitia pelaksana seminar, Salon Sinaga, menyebutkan, peserta seminar ada sebanyak 650 orang yang terdiri atas pengawas sekolah, kepala sekolah, guru TK/SD, SMP, SMA/SMK dan masyarakat umum. Sebagai narasumber, yakni Kepala Dinas Pendidikan Kota Medan, Mara Sutan;

Rektor Unimed, Syawal Gultom; Rektor UHN, Sabam Malau; dan Kepala Kantor Regional VI, Badan Kepegawaian Nasional (BKN), I Nyoman Arsah. “Tujuan seminar adalah meningkatkan profesionalisme para pengawas sekolah, kepala sekolah, dan guru dalam menghadapi MEA,” tandasnya.

Lia anggia nasution
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4574 seconds (0.1#10.140)