4.000 Bikers Bakal Memadati DIY

Selasa, 04 Agustus 2015 - 09:39 WIB
4.000 Bikers Bakal Memadati DIY
4.000 Bikers Bakal Memadati DIY
A A A
YOGYAKARTA - Sedikitnya 4.000 bikers akan berkumpul di Yog yakarta dalam gelaran event Indonesia Bike Week (IBW) sekaligus Jogja Bike Rendez vous (JBR) 2015 yang akan digelar pada 14–17 Agustus 2015 di Jogja City Mall (JCM) dan Can di Prambanan.

Ketua Harley Davidson Club Indonesia (HDCI) Yogyakarta Gatot Kurniawan menyampai - kan, jumlah bikers yang akan me ngikuti ajang ini meningkat dari tahun lalu yang tercatat 2.000 bikers. Sebab, ada dua event besar yang digelar bersama an. Untuk memperingati HUT HDCI Pusat ke-25 sekaligus menjalankan amanah dari Gubernur DIY Sri Sultan HB X sebagai Honorary Ambassador of Tourism untuk Jogja. Kedua event tersebut diprediksi bakal menyumbang minimal Rp86 miliar bagi DIY.

Se - bagai gambaran, pada gelaran sebelumnya JBR 2014 sedikitnya mampu menyumbang Rp10 miliar untuk pariwisata DIY. "JBR kali ini bisa mendatangkan multiplayer effect yang besar seperti dari kuliner dan hotel. Tahun lalu Rp10 miliar dari pajak hotel, kuliner, dan lainnya," ujar Gatot kepada wartawan dalam pressconference yang digelar di The Sahid Rich Jogja belum lama ini.

Sekretaris Jogja Bike Rendezvous (JBR) 2015 Denizar Rah man membenarkan jika ajang ini akan membawa keuntungan di bidang ekonomi. "Data peserta di hotel, kuliner, oleh-oleh, hingga transaksi di venue stan makanan kalau dihitung pajak, retribusi, dan lainnya minimal Rp86 miliar. Perhitungannya ada sekitar 4.000 bikers, biasanya ada yang bawa ke luarga minimal dua orang dan itu selama empat hari.

Satu hari untuk satu orang saja bisa sampai Rp2,2 juta," kata Denizar. Hal itu, lanjut dia, meliputi penginapan, makan, kunjungan belanja, hingga akomodasi dan transportasi. Kemudian dikalikan empat dan ditambah Rp2 juta untuk bahan bakar mi - nyak (BBM) selama acara berlangsung, total sekitar Rp10,2 jutaan biaya yang mesti dikeluarkan selama empat hari.

Angka ini kemudian dikalikan 8.000 orang, jadi ada sekitar Rp86 miliar pemasukan dana yang bisa diserap DIY. Ini belum termasuk pengeluaran lain, yang sewaktu-waktu bisa digunakan oleh para bikers. Sementara itu Staf Destinasi yang mewakili Dinas Pariwisata (Dispar) DIY Nur Hidayat menyambut positif dengan keberadaan event JBR 2015.

Tidak di - pungkiri olehnya bahwa event ta hunan ke-10 ini bisa mendatangkan multiplayer effect po - sitif bagi DIY. Di sisi lain, JBR 2015 yang digelar selama empat hari ini juga akan menggelar perayaan HUT NKRI ke-70 di Candi Pram banan. Selain itu yang menarik, ada 70 bendera merah putih yang akan dikibarkan di Lapangan Brahma kawasan Candi Prambanan nantinya.

Pengibaran bendera tersebut akan diawali dengan konvoi Indonesia Rally pada Sabtu, 15 Agustus 2015 mulai pukul 15.00 WIB. Dengan rute dari JCM–Ring Road Utara–Bandara Adisu cipto–Candi Prambanan. Dalam hal ini para bikers akan memba - wa 70 bendera merah putih dan bersama-sama mengibarkannya di Candi Prambanan.

Siti estuningsih
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 3.1150 seconds (0.1#10.140)
pixels