Semua Balon Yakin Lolos Tes Kesehatan

Jum'at, 31 Juli 2015 - 09:03 WIB
Semua Balon Yakin Lolos Tes Kesehatan
Semua Balon Yakin Lolos Tes Kesehatan
A A A
MEDAN - Sebanyak 33 pasangan bakal calon (balon) kepala daerah di Sumatera Utara (Sumut) menjalani pemeriksaan kesehatan di sejumlah rumah sakit, Jumat (30/7). Para pasangan balon umumnya terlihat santai menjalani pemeriksaan dan optimistis lolos tes kesehatan.

Hasil pemeriksaan akan diserahkan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) masing-masing daerah. Dari 29 pasangan balon kepala daerah, dua di antaranya pasangan balon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan yang menjalani pemeriksaan di RSUD dr Pirngadi Medan. Sementara 19 pasangan balon bupati dan wakil bupati dari berbagai kabupaten se-Sumut menjalani pemeriksaan kesehatan di RSUP H Adam Malik Medan.

Kemudian, lima pasangan balon Bupati dan Wakil Bupati Simalungun di RSUD Djasamen Saragih Pematangsiantar, tiga pasangan balon Bupati dan Wakil Bupati Tapanuli Utara di RSUD Doloksanggul Humbang Hasundutan, serta empat dari tujuh pasangan balon Bupati dan Wakil Bupati Karo di RSUKabanjahe. Dua pasangan balon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan yang menjalani pemeriksaan kesehatan di RSUD dr Pirngadi Medan, yakni Ramadhan Pohan-Edy Kusuma dan Dzulmi Eldin-Akhyar Nasution.

Sementara di RSUP H Adam Malik Medan ada lima pasangan balon bupati dan wakil bupati dari Labuhanbatu yang diperiksa. Kelimanya yakni, Tigor Panusunan Siregar-Erik Adtrada Ritonga, Zaenal Arifin-Wira Abdi Dasopang, Pangonal Harahap-Andi Suhaimi, Suhairi- Ihsan Rambe, dan Mahini Rizal-Waluyo. Kemudian dari Nias Selatan empat pasangan, yakni Idealisman Dachi- Siotaraizokho Gaho, Hadirat Manao-Pendeta Ami Hari Hondo, Hilarius Duha-Sozanolo Ndruru, dan Thomas Dahi- Lianus Ndruru.

Dari Nias Barat dua pasangan, yakni Faduhusi Daely-Khenoki Waruhu dan A Aroziduhu Gulo-Oneyus Halawa. Kemudian dari Pakpak Bharat tiga pasangan, yakni, Citra Boang Manalu-Jujur Solin, Remigo Yolanda Berutu-Maju Ilyas Padang, dan Abdul Kadir Angkat-August P Tumanggor. Dari Mandailing Natal (Madina) tiga pasangan, yakni Saparudin Haji-Miswaruddin Daulay, M Yusuf-Imron Lubis, dan Dahlan Hasan Nasution-Muhammad Jafar Sukhairi Nasution.

Selanjutnya dari Nias Utara ada dua pasangan, yakni Edward Zega-Yostinus Hulu dan Martinus Zega-Winarso Hulu. Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Sumatera Utara (Sumut), Suhelmi mengatakan, IDI Sumut memantau pemeriksaan kesehatan para pasangan balon agar berjalan lancar dan sesuai standar IDI, baik pemeriksaan jasmani dan rohani. Untuk pemeriksaan jasmani yang dilaksanakan meliputi penyakit dalam, jantung, pembuluh darah, paru, bedah, urologi, ortopedi, obstetri ginekologi, neurologi, mata, THT (telinga hidung tenggorokan), gigi, dan mulut.

Kemudian pemeriksaan penunjang wajib, seperti USG (ultrasonografi), treadmill, ekokardiografi (USG jantung), foto rontgen thoraks, spirometri (tes yang membantu mendiagnosa kondisi paru-paru), audiometri (jenisdanderajat ketulian), USG transvaginal bagi calon perempuan, dan ophthalmoskopi (bagian dalam mata).

Selain itu, pemeriksaan rohani meliputi pemeriksaan kejiwaan para balon. Direktur Umum dan Operasional RSUP H Adam Malik, Syamsuddin Angkat, saat membuka resmi pemeriksaan kesehatan mengharapkan pemeriksaan kesehatan yang dilakukan tim dokter sesuai dengan harapan. “Tim kami sudah berpengalaman. Semoga para kandidat yang mengikuti tes kesehatan hasil pemeriksaannya baik,” kata Syamsudin, kemarin.

Wakil Ketua Tim Pemeriksaan Kesehatan RSUP H Adam Malik Medan, Qadri Fauzi Tanjung menuturkan, pemeriksaan terhadap pasangan calon dilaksanakan selama dua hari, yakni Kamis (30/7) dan Jumat (31/7). Hasil pemeriksaan balon akan dirapatkan dengan tim pemeriksaan kesehatan yang ditetapkan oleh Dirut RSUP H Adam Malik Medan. “Hasil dari pemeriksaan itu akan disampaikan kepada IDI cabang dan wilayah tempat balon dipilih pada hari Sabtu,” tuturnya.

Pasangan Ramadhan-Edy Tiba Pertama

Sementara pantauan KORAN SINDO MEDAN, pasangan Ramadhan Pohan-Edy Kusuma tiba pertama di RSUD dr Pirngadi Medan pukul 07.00 WIB. Keduanya diterima Wakil Direktur (Wadir) Pelayanan Medis RSUD dr Pirngadi Medan, dr Rushakim; Wadir Keuangan Dongoran, dan Humas Edison Perangin-angin. Menyusul pasangan Dzulmi Eldin- Akhyar Nasution yang tiba pukul 07.30 WIB dan diterima Direktur RSUD dr Pirngadi Medan, Edwin Effendy.

Kedua pasangan balon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan ini pun memasuki ruangan rapat 1 untuk mendapatkan penjelasan mengenai alur dan tata cara pemeriksaan kesehatan. “Kedua pasangan diberi minum terlebih dahulu untuk pemeriksaan melalui USG,” ujar Edison di sela-sela pemeriksaan di luar ruang Instalasi Diagnostik Terpadu (IDT). Menurut Edison, pemeriksaan kesehatan yang dilakukan oleh 13 dokter spesialis di RSUD dr Pirngadi Medan berjalan lancar.

Dari luar IDT, kedua pasangan balon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan tampak mengikuti pemeriksaan kesehatan dengan santai. Tepat pukul 09.10 WIB, Dzulmi Eldin dan Akhyar Nasution berjalan menuju Instalasi Radiologi yang berseberangan dengan IDT. Tak lama di sana, keduanya mengenakan kimono berwarna putih kembali ke IDT untuk melanjutkan pemeriksaan lainnya.

Setelah itu, pukul 09.28 WIB, giliran pasangan Ramadhan Pohan dan Eddy Kusuma mengenakan kimono berwarna biru tua untuk menjalani pemeriksaan kesehatan di Instalasi Radiologi. Kedua pasangan balon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan juga menjalani pemeriksaan jantung dengan olahraga di treadmill selama 15 menit di mobil RSU Bunda Thamrin yang ditempatkan di halaman depan Instalasi Poliklinik. Dzulmi Eldin menjadiyangpertamamenjalani pemeriksaan jantung, yakni pukul 13.20 WIB. Setelah 30 menit, Eldin terlihat keluar dengan semringah.

“Insya Allah, perasaan saya baik-baik saja dan nggak ada yang berat dalam pemeriksaan ini. Dimulai dari USG dan periksa darah, juga psikologinya setelah dijalani, saya dinyatakan positif sehat,” kata Eldin seusai pemeriksaan dan mendapatkan sertifikat dari Ketua Tim Pemeriksaan Kesehatan Balon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan, Ramlan Sitompul. Menurut mantan Wali Kota Medan ini semuanya bisa ditangani dengan baik. Eldin pun mengaku sudah sangat siap dalam menghadapi pemeriksaan kesehatan.

“Tidak terlalu dipersiapkan jelang pemeriksaan kesehatan ini. Kita lihat-lihat saja dan kita jawab sesuai pertanyaan pada tes psikologi tadi dan usai pemeriksaan ini, saya sangat lega. Ini sekaligus juga periksa kesehatan gratis,” kata Eldin yang mengaku menjalani pemeriksaan kesehatan terakhir setahun lalu. Senada dengan pasangannya, Ahyar Nasution mengungkapkan, sudah pernah menjalani pemeriksaan kesehatan. Begitu juga 567 pertanyaan dalam tes psikologi yang harus dijawabnya dalam pemeriksaan kejiwaan.

“Pertanyaannya yang sehari-hari saya lakukan sehingga Insya Allah, saya jawab dengan baik,” ungkapnya. Pasangan Ramadhan Pohan dan Edy Kusuma juga tampak santai menjalani pemeriksaan kesehatan. Ramadhan mengungkapkan, selama pemeriksaan tidak ditemukan ada kejanggalan dalam organ-organ tubuhnya. Begitu juga dengan pasangannya, Edy Kusuma.

“Semua berjalan lancar. Walaupun pertanyaan-pertanyaan di dalam banyak sekali, semua pertanyaan dapat dijawab dengan baik. Total ada 567 pertanyaan,” ujar Ramadhan. Ketua Tim Pemeriksaan Kesehatan Balon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan, Ramlan Sitompul mengatakan, tim menargetkan pemeriksaan selesai pukul 15.00 WIB dan hasilnya sesuai waktu.

“Kedua pasangan balon terlihat sangat disiplin terhadap waktu. Tim juga tidak menemukan masalah dalam pemeriksaan kedua balon wali kota dan wakilnya. Pemeriksaan dilakukan selama tujuh jam dan sampai akhir berjalan dengan lancar,” kata Ketua IDI Cabang Medan ini. Menurut Ramlan, secara kasatmata tidak ada masalah kesehatan pada kedua pasangan balon. Tinggal menunggu hasil pemeriksaan laboratorium karena dilakukan juga pemeriksaan HIV dan narkoba.

Setelah mendapatkan hasil, tim akan melakukan pleno dan hasilnya segera diserahkan ke KPU. Di RSUD Djasamen Saragih Pematangsiantar, pasangan JR Saragih-Amran Sinaga menjadi yang pertama hadir menjalani pemeriksaan kesehatan. Menyusul kemudian pasangan balon bupati dan wakil bupati, Nuriati Damanik-Posman Simarmata, Tumpak Siregar-Irwansyah Damanik, Evra Sassky Damanik-Sugito, dan Lindung Gurning-Soleh Saragih.

Seusai pemeriksaan, balon Bupati JR Saragih didampingi Amran Sinaga mengatakan, sudah menjalani seluruh pemeriksaan kesehatan di antaranya saraf, mata, kejiwaan, dan penyakit dalam. “Mudah-mudahan hasil pemeriksaan seluruhnya baik. Meskipun melelahkan, seluruh pemeriksaan sudah dijalani, tinggal menunggu hasilnya,” ujarnya.

Ketua IDI Pematangsiantar- Simalungun, Eka SP Hutasoit mengatakan, ada 50 tim dokter terdiri atas 34 dokter umum dan 16 dokter spesialis dilibatkan dalam pemeriksaan kesehatan para balon Bupati dan Wakil Bupati Simalungun serta balon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Pematangsiantar di RSUD Djasamen Saragih Pematangsiantar.

Sementara di RSUD Doloksanggul, Humbahas, pasangan balon bupati dan wakil bupati, Dosmar Banjarnahor-Saut Parlindungan Simamora, Rimso Sinaga - Derincen Hasugian, serta pasangan Marganti Manullang- Ramses Purba, tampak menjalani pemeriksaan kesehatan. Komisioner KPU Humbahas, Kosmas Manalu mengatakan, KPU akan menerima hasil pemeriksaan kesehatan para pasangan balon dari IDI Humbahas, Sabtu (1/8), dan selanjutnya KPU melakukan pleno untuk membahas hasilnya.

Di Kabupaten Karo, empat dari tujuh pasangan balon Bupati dan Wakil Bupati Karo juga menjalani pemeriksaan kesehatan dan kejiwaan di RSU Kabanjahe, Kamis (30/7). Pasangan calon yang mengikuti pemeriksaan, yakni Sudarto Sitepu- Herman Antonius Purba Karo-Karo BA, Layari Sinukaban- Ramlan Tarigan, Ramon Bangun-Edi Ulina Ginting, serta Heben Heser Ginting- Ngadap Tarigan.

Direktur RSU Kabanjahe dr Arjuna Wijaya mengatakan, hasil pemeriksaan akan disampaikan kepada pihak IDI yang kemudian memberikan hasilnya ke KPU Karo.

Siti amelia/ ricky hutapea/ baringin lumban gaol/ riza pinem
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 3.5949 seconds (0.1#10.140)