Kelurahan Lalang Aktifkan Posko PKL

Jum'at, 31 Juli 2015 - 09:01 WIB
Kelurahan Lalang Aktifkan Posko PKL
Kelurahan Lalang Aktifkan Posko PKL
A A A
MEDAN - Kelurahan Lalang, Kecamatan Medan Sunggal, kembali mengaktifkan aktivitas posko pengawasan pedagang kaki lima (PKL) di Jalan Gatot Subroto, kawasan Pasar Deli Prima.

Lurah Lalang, Subhan Fajri Harahap, mengatakan, pembukaan posko dilakukan untuk mengantisipasi kemacetan di kawasan tersebut. Sebab, wilayah Kelurahan Lalang merupakan perbatasan Medan dan Deliserdang, sehingga ramai dilintasi kendaraan. Untuk itu, pihak kelurahan sudah menginstruksi para PKL tidak berjualan setelah lewat pukul 06.00 WIB. Selain pedagang, petugas yang berjaga di posko juga melarang kendaraan parkir di badan jalan.

“Susah untuk melarang para pedagang tidak berjualan, makanya kami menginstruksikan PKL tidak lagi berjualan di badan jalan sejak pukul 06.00 WIB, karena arus kendaraan mulai ramai. Begitu juga pengendara dan sopir becak jangan mangkal di badan jalan,” kata Lurah Subhan kepada KORAN SINDO MEDAN , Kamis (30/7). Subhan menambahkan, pembukaan posko kembali dilakukan sejak hari pertama masuk kerja setelah Lebaran.

Pihaknya masih melakukan pendekatan persuasif dengan mendatangi pedagang satu persatu untuk diberikan pengarahan agar tidak berjualan lagi di badan jalan, trotoar, dan di atas drainase. Termasuk menasihati sopir becak dan pengendara yang parkir hingga berlapis dan menyebabkan kawasan tersebut menjadi langganan macet.

Dalam pendirian posko ini, pihak kelurahan berkoordinasi dengan Kecamatan Sunggal, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deliserdang. “Petugas yang berjaga di posko dibagi dalam dua shift. Larangan berjualan mulai pukul 06.00 WIB hingga malam,” katanya. Sementara itu, Camat Medan Sunggal, Pahri Matondang, mengapresiasi posko pengawasan terhadap aktivitas PKL agar tidak berjualan di badan jalan.

Dia mengharapkan berdirinya posko tersebut bukan untuk menakuti para pedagang, tetapi untuk memberikan kesadaran kepada para PKL agar taat terhadap aturan. “Kami dari Kecamatan Medan Sunggal Memberikan dukungan dalam pendirian posko pengawasan PKL di Jalan Gatot Subroto (depan Pasar Deli Prima). Mudah-mudahan arus lalu lintas di kawasan itu menjadi lancar,” katanya.

Irwan siregar
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5746 seconds (0.1#10.140)