Blusukan ke Sekolah Kenalkan Sepak Bola Tangan

Jum'at, 31 Juli 2015 - 08:47 WIB
Blusukan ke Sekolah Kenalkan Sepak Bola Tangan
Blusukan ke Sekolah Kenalkan Sepak Bola Tangan
A A A
Sepak bola (foot ball ) merupakan olahraga yang sudah tidak asing lagi bagi hampir semua orang, termasuk warga Semarang. Namun, bagaimana mengenai flag football?

Tentu belum semuanya familier dengan olahraga ini. Tidak seperti sepak bola pada umumnya, flag football berisi delapan pemain di masing-masing tim. Model permainannya hampir mirip dengan American Football. Perbedaannya, flag football tidak perlu menggunakan kontak badan secara keras sebagaimana dalam American Football.

Di Kota ATLAS ternyata juga ada Komunitas Flag Football Semarang atau Indonesian Flag Footbaal Association (IFFA) Regional Semarang. Kelompok ini terus melakukan berbagai kegiatan guna mengenalkan olahraga ini kepada khalayak Semarang. Koordinator IFFA Semarang Yoga Aditya Ika Mahardika menuturkan, komunitas ini dibentuk Januari 2010 dan diresmikan April 2010.

Olahraga ini pertama kali dikenalkan di Semarang oleh Agraha Dwita dan tiga teman lainnya. Mereka pada waktu itu hanya iseng bermain lempar-tangkap bola di kampus. “Kemudian mereka membentuk sebuah komunitas setelah menemukan sebuah informasi di internet tentang olahraga flag football ,” katanya.

“Saat ini jumlah anggotanya mencapai 80 orang yang aktif. Jika dihitung semuanya mencapai 100 lebih.” Untuk terus mengenalkan olahraga flag football , komunitas mendatangi sekolah-sekolah dan kampus. Selain itu, komunitas ini juga membuat liga antartim di Kota Semarang.

Komunitas Flag Football Semarang cukup aktif mengikuti kompetisi tingkat nasional. Setidaknya pernah mengikuti empat kali turnamen nasional. Prestasi tertinggi menjadi juara I nasional dalam National Friendly game III yang digelar di Semarang beberapa waktu lalu. Selain melalui kompetisi nasional, IFFA Semarang juga mengikuti turnamen IFFA College yang mempertemukan tim-tim Flag Football antarkampus.

Untuk latihan, mereka menetapkan jadwal setiap Sabtu sore. Untuk tempat berpindahpindah mulai dari GOR Tri Lomba Juang, lapangan Pancasila Simpanglima, dan lapangan Widya Puraya Kampus Undip Tembalang.

Amin Fauzi
SEMARANG
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2005 seconds (0.1#10.140)