Bus Pariwisata Tabrak 9 Kendaraan

Senin, 27 Juli 2015 - 10:24 WIB
Bus Pariwisata Tabrak 9 Kendaraan
Bus Pariwisata Tabrak 9 Kendaraan
A A A
CIANJUR - Tabrakan beruntun terjadi di Jalan Raya Puncak, tepatnya di Jembatan Cikundul, Kampung Ciguntang, Desa Ciloto, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, kemarin.

Bus Pariwisata Agli High dengan nopol B 7331 BAA menabrak sembilan kendaraan yang ada didepannya. Tidak ada kor - ban jiwa dalam peristiwa ter se - but. Namun, 10 orang meng ala - mi luka akibat kecelakaan ini. Berdasarkan informasi yang dihimpun, peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 10.45 WIB. Bus yang dikendarai Masimin, 61, warga Kampung Gembor RT03/01, Kelurah an/Kecamatan Gembor, Kabupaten Tangerang, melaju dari arah Bogor menuju Cianjur.

Memasuki tikungan tajam di daerah Jalan Raya Puncak, bus yang diduga mengalmi rem blong tersebut sulit di kendalikan. Bus yang oleng, menabrak mobil kijang Innova Nopol F 1330 BY yang ada di depannya. Bus masih terus melaju dan kem bali menghantam kendaraan Xenia Nopol B 1082 KKT. Hingga sekitar satu kilometer dari lokasi tabrakan per tama bus secara berturut turut menghantam kendaraan Ang kot Nopol F 1962 YE, Avanza Nopol B 1130 SIE, bus Benteng Jaya Nopol B 7759 IG, Mazda B 1398 WI, Xenia B 1589 WKZ dan bus Benteng Jaya Nopol B 7760 IG per sis diatas jembatan Cikon dol.

Bus nyaris terjun ke sungai Ci - kundul jika tidak meng han tam mobil Xenia Nopol B 1589 WKZ. “Dari atas (arah Bogor) bus su dah terlihat oleng, trus menabrak mobil kijang. Setelah menabrak, bus tidak berhenti, bahkan terus melaju dengan cepat. Setelah beberapa meter, bus menabrak lagi beberapa kendaraan yang ada di de pan nya, akhirnya berhenti,” kata salah seorang warga sekitar, Dedi, 36.

Warga yang melihat kejadian tersebut,langsung berkerumun dan membantu sejumlah penumpang yang masih terjebak di dalam kendaraannya. Namun, beruntung tidak ada kor ban jiwa. “Setelah bus berhenti, warga langsung membantu se jumlah penumpang kendaraan lainnya,” ujarnya.

Setelah kejadian tersebut, kon disi sejumlah kendaraan ring sek, paling parah menim pa mobil Xenia B 1589 WKZ yang di tumpangi 5 warga ne gara asing (WNA) Arab. Kon disi penumpangnya mengala mi lukaluka. Bahkan dua pe num pang yakni sopir Xenia ter sebut dan seorang WNA terjebit bodi kendaraan yang ringsek. Butuh wak tu hampir satu jam untuk mengeluarkan korban. Para korban sebanyak 10 dari kecelakaan beruntun terse but dilarikan ke RSUD Cimacan untuk menjalani perawatan me dis.

Dua orang meng ala - mi luka serius, mereka adalah sopir mobil Xenia Hamdani, 35, war ga Curug RT01/03 Ke - ca matan Gunung Sindur, Ka - bu paten Bo gor mengalami pa - tah tulang be lakang kiri dan luka dibagian kaki kirinya dan Basima Aro mah, 54, WNA Arab yang meng alami patah kaki paha kiri. Sisa nya hanya mengalami luka ri ngan dan bisa rawat jalan. Kapolres Cianjur AKBP Asep Guntur Rahayu melalui Kasat Lan tas Polres Cianjur, AKP Didin Jarudin, menga ta kan, belum bisa memastikan penyebab uta ma terjadinya tabrakan beruntun.

Namun, ber dasarkan kete rang an se men tara dari sejum lah saksi, kecelakaan tersebut terjadi akibat rem bus Agli High tidak berfungsi alias blong hing ga menabrak kendaraan lain di depa nya. “Kita belum bisa memastikan penyebabnya, hanya dugaan sementara akibat rem blong. Kita sudah amankan sopir bus Agli High untuk dimintai kete rang an terkait kecelakaan tersebut. Saat ini masih dalam pe nanganan pe tugas kami, fokus kami saat ini me nyelamatkan para korban,” katanya.

Dia mengungkapkan, pe - ris tiwa tersebut melibatkan 10 ken daraan. Namun, tidak ada korban jiwa. “Hanya 10 orang pe numpang mengalami lukaluka,” ujarnya. Ke sepuluh korban luka, yak ni Dul Ahmad, Endang Triwah yuni, Hamdani, Soleh Abdul Rahmanluka, Ramin, Atir, Mo hamad Saleh, Basima Aromah, Niah Silniah, Siti Kho dijah. Aki bat peristiwa kecelakaan berun tun tersebut, arus lalu lintas sem pat terjadi kemacetan bebe rapa lama. Namun, petugas ke polisian, langsung melakukan pengaturan, dan kembali nor mal.

Lagi, Kecelakaan di Tol Cipali

Sementara itu, kecelakaan kendaraan kembali terjadi di ruas Tol Cikopo-Palimanan di Km 166 atau tepatnya di Kecamatan Jatiwang Kabupaten Ma jalengka kemarin. Kecelakaan tunggal ini meng aki batkan Kijang Inova terguling yang di duga akibat ban belakang pe cah. Tidak ada korban jiwa da lam peristiwa itu, hanya meng aki - bat kan mobil rusak, kaca depan dan belakang pecah, dan pe ngemudi serta empat pe num pang lainnya hanya mengalami luka ringan.

Mobil Kijang Inova dengan Nopol B 8835 XO itu dikemu di kan Yudi dengan empat pe num pang. Mereka merupakan war ga Semarang yang tinggal di Be kasi. Kasat Lantas Polres Maja - leng ka, AKP Rezy melalui anggota Satlantas Polres Majalengka Brigadir Kasim Suganda membenarkan peristiwa tersebut. Menurut dia, kro nologis kejadian itu diduga akibat ban pecah dan terjadi di KM 166-167.

“Lakalantas itu terjadi ketika kendaraan yang melaju ce pat dari arah Palimanan menuju Cikopo tiba-tiba oleng karena ban belakangnya pecah. Akibatnya, kendaraan itu berguling-guling ke jalur kanan menye brang parit dan berada di jalur B, lalu menabrak pembatas jalan,” ujarnya.

Ricky susan/ Ade nurjanah/ Usep husaeni
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5630 seconds (0.1#10.140)