Jumlah Penumpang Bus Menurun

Jum'at, 24 Juli 2015 - 10:18 WIB
Jumlah Penumpang Bus...
Jumlah Penumpang Bus Menurun
A A A
GARUT - Jumlah penumpang bus di Terminal Guntur Garut selama arus mudik dan balik Lebaran tahun ini menurun jika di bandingkan tahun lalu. Pada 2014, jumlah penumpang pada arus mudik dan balik Lebaran mencapai 31.057 jiwa.

“Sementara tahun ini hanya se banyak 25.114 jiwa saja,” kata Ke pala Seksi Terminal Guntur Sof yan Hidayat, kemarin. Sementara, jumlah armada ang kutan, lanjut Sofyan, masih te tap seperti tahun-tahun sebelumnya. Pada H-7 hingga H+4 le baran kemarin, jumlah armada angkutan yang datang keTerminal Guntur sebanyak 1.602 unit.

“Berbeda dengan yang datang, dari ini armada yang di berang katkan sebanyak 5.817 unit,” sebutnya. Daerah asal atau tujuan angkutan bus di Terminal Guntur ra ta-rata didominasi kawasan Ja bodetabek. Sisanya, merupakan angkutan yang menuju atau be rasal dari Bandung. “Dominasi angkutan rata-rata dengan tujuan Kampung Rambutan, Cililtan, dan Lebak Bulus.

Sebagian sisanya melayani ru te Bandung, yaitu ke Terminal Cicaheum,” imbuhnya. Terkait kelayakan armada, Sof yan mengakui pihaknya kerap menemukan armada bus yang tidak sesuai dengan atu ran. Beberapa ketidaklayakan yang lumrah ditemukan ini di antaranya ban gundul, kaca spion pecah, hingga wiper yang ti dak berfungsi.

“Kalau ban gun dul, perusahaan otobus waj ib menggantinya. Baru bisa be rangkat. Se mentara untuk spion dan wiper, kami beri im bauan dan peri ngatan. Sejauh ini belum di temukan ketidak layakan kendaraan dari sisi mal fungsi rem atau mesin,” tan dasnya.

Sementara itu, pemudik asal Ko ta Cirebon dan sekitarnya diimbau menghindari keramaian tra disi Grebeg Syawal di jalur Pan tura tengah Cirebon-Jakarta via Karangampel, Kabupaten Indramayu, hari ini. Dalam tradisi itu, satu peleton pasukan satuan tugas penin dakan (satgas tindak) di siagakan Polres Cirebon Kota untuk mengamankan kegiatan yang digelar di kompleks makam Sunan Gunung Jati, Desa As tana, Kecamatan Gunungjati, Kabupaten Cirebon.

Satgas tin dak tak segan melakukan tem bak di tempat bagi pelaku kri minal. Selain pasukan ini, ratusan per sonel Polres Cirebon Kota lain nya pun diterjunkan untuk pe ngamanan tradisi yang di gelar setiap 8 Syawal tersebut. Rencananya, Grebeg Syawal digelar Jumat (24/7) pagi ini hingga sekitar pertengahan hari.

Kapolres Cirebon Kota AKBP Eko Sulistyo Basuki menyatakan, telah menyiapkan rencana pengamanan, terutama rekayasa lalu lintas di jalur tengah Ci rebon-Jakarta via Karangampel. Dia menyebutkan, da lam tradisi itu, kemacetan paling penting untuk diantisipasi.

“Saat ini masih dalam situasi arus balik lebaran, antisipasi kemacetan di jalur itu penting disiapkan dalam tradisi tersebut,” te rangnya, kemarin. Sementara itu, arus balik di jalurPantura Cirebon kemarin ter pantau ramai lancar. Meski pa dat, tak sampai menimbulkan kemacetan menonjol. Meski begitu, pemudik tetap diimbau berhati-hati.

Fani ferdiansyah/ erika lia
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0858 seconds (0.1#10.140)