Netralitas Penyelenggara Jadi Perhatian

Jum'at, 24 Juli 2015 - 10:09 WIB
Netralitas Penyelenggara Jadi Perhatian
Netralitas Penyelenggara Jadi Perhatian
A A A
MUARABELITI - AsistenIV Pemkab Musi Rawas(Mura) Suganda, mengajak seluruh masyarakat menggunakan hak suara pada pemilihan kepala daerah (pilkada) di Bumi Silampari pada 9 Desember mendatang.

“Petugas penyelenggara wajib mengedepankan netra - litas saat pilkada. Karena pe me - rintah bersama unsur Pol ri/ TNI dan penyelenggara pilkada lainnya, menjadi motivator suksesnya pelaksanaan pilkada Mura. Namun netralitas men - jadi perhatian pada pilkada nanti,” ungkapnya, saat mem - buka launching pilkada Mura di Kantor KPU Mura, pagi kemarin.

Menurutnya, pemerintah juga meminta KPU Mura men - jalankan aturan penye leng ga - raan pilkada, sesuai prosedur yang berlaku dan menge de - pankan netralitas. Agar pilkada Mura menjadi percontohan padapelaksanaan pilkada di kabupaten/kota Sumsel lain - nya.

Bahkan pemerintah me ng - harapkan KPU Mura me ning - katkan kesadaran masyarakat, untuk mengikuti pilkada, hingga tidak ada lagi yang go - longan putih (golput) atau tidak menggunakan hak pilih. “Kami juga mengimbau masyarakat berpartisipasi aktif gunakan hak pilih untuk menentukan pemimpin Mura lima tahun kedepan. Jangan sampai gol - put, karena masyarakat berhak menentukan pilihan,” ujarnya.

Sementara, Ketua KPU Mura, M Zaien mengatakan, launching pilkada Mura sebagai bentuk sosialisasi ke ma sya - rakat luas. Bahwa KPU Mura sebagai penyelenggara pilkada siap melaksanakan pesta de mo - krasi tersebut secara serentak pada 9 Desember 2015 men - datang. “Kami semangat me - nyelenggarakan pilkada ini dan meminta seluruh komponen pendukung pilkada sama-sama mengawal jalannya pilkada Mura,” katanya.

Selain itu, selama ini pihak - nya juga telah melakukan so - sialisasi tahapan-tahapan pil - kada. Untuk pendaftaran bakal calon pilkada sendiri, KPU Mura membuka pendaftaran pada 26-28 Juli 2015 mendatang.

Terpisah, Kapolres Mura, AKBP Nurhadi Handayani di - dampingi Wakapolres Kompol Yoga Baskara menuturkan, pi - haknya siap mengawal dan me - ngamankan pelaksanaan pil - kada Kabupaten Mura dan Muratara yang digelar secara serentak.

“Kita telah susun perkuatan pengamanan dan bekerjasama dengan instansi terkait lain untuk pelaksanaan pilkada Mura dan Muratara mendatang. Kami harap masyarakat bersama-sama mencip takan situasi kondusif pada pelaksanaan pilkada nanti,” pungkasnya.

Hengky chandra agoes
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0434 seconds (0.1#10.140)