Taman Pintar Over Kapasitas, GL Zoo Masih Diserbu

Rabu, 22 Juli 2015 - 10:27 WIB
Taman Pintar Over Kapasitas,...
Taman Pintar Over Kapasitas, GL Zoo Masih Diserbu
A A A
YOGYAKARTA - Libur Lebaran membuat wahana edukasi Taman Pintar kebanjiran pengunjung.

Bahkan tingginya kunjung membuat lokasi wisata ini over kapasitas kunjungan. Dalam sehari, pengunjung mencapai 6.000 orang, melebihi kapasitas ideal 3.000 orang. Meski berbarengan dengan libur sekolah, namun karakteristik pengunjung selama Lebaran justru merupakan wisatawan keluarga.

Lonjakan pengun jung pun diprediksi akan berlangsung hingga Minggu (26/7) mendatang. "Kami selalu upayakan agar kenyamanan pengunjung tetap terjaga," ungkap Kepala Kantor Pengelola Taman Pintar Yogyakarta Yunianto Dwisutono, kemarin.

Menurut Yunianto perluasan kapasitas guna mampu me nampung lebih banyak pengunjung, sudah tidak mungkin di laku kan. Selain lahan yang terbatas, seluruh wahana bermain juga sudah tidak memung kin kan untuk dioptimalisasi. Saat ini terdapat 50 zona di Taman Pintar. Hampir seluruh zona dijejali oleh pengunjung. Di zona tertentu, pengunjung bahkan harus antre seperti di wahana bahari, batik serta lukis gerabah.

Zona yang baru saja diresmikan yakni Zona Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), PLN, serta Pekerjaan Umum pun langsung diminati. "Sudah ti dak bisa menambah lagi, kecuali ada wahana yang sudah tidak diperpanjang, bisa kami update," kata Yunianto. Objek wisata andalan lain yakni Gembira Loka Zoo (GL Zoo) juga masih diserbu pe ngunjung.

Senin (20/7) lalu, jumlah pengunjung hampir menyentuh angka 27.000 orang. Ma nager Marketing dan Pengem bangan GL Zoo Josep Kurniawan mengatakan, mayoritas pengunjung adalah perorangan atau keluarga. Hanya 1.250 pengunjung yang datang berombongan. Ledakan pengunjung pada dua hari terakhir menjadikan petugas pos siaran kebun binatang setempat disibukkan dengan laporan pengunjung.

Maka, dalam tiap kesempatan, petugas siaran mengingatkan pengunjung untuk berhati-hati membawa barang bawaannya. Juga, menyampaikan imbauan agar anak kecil dalam rombongan keluarga mengenakan gelang identitas yang disediakan. Nurul Kus Hidayah dari Pos Siaran GL Zoo menyebutkan, dalam dua hari terakhir dirinya menerima puluhan laporan dari pengunjung.

Dari mulai kasus anak hi lang, temuan barang ba waan, hingga laporan kehila ngan barang bawaan. Seperti yang dialami Mirsan, salah seorang pengunjung dari Palembang. Dia mengaku lega karena tablet iPad yang tertinggal di kawasan wahana becak air atau perahu kayuh berhasil ditemukan oleh Pramuka Saka Bhayangkara Polresta Yogyakarta yang bertugas di GL Zoo.

Sodik
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0812 seconds (0.1#10.140)