2.973 KK Korban Sinabung Terima Dana PSKS

Kamis, 16 Juli 2015 - 00:02 WIB
2.973 KK Korban Sinabung Terima Dana PSKS
2.973 KK Korban Sinabung Terima Dana PSKS
A A A
KABANJAHE - Sebanyak 2.973 kepala keluarga (KK) korban bencana erupsi Gunung Sinabung asal 14 desa dari empat kecamatan di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, memperoleh dana Program Simpanan Keluarga Sejahtera (PSKS).

PSKS adalah bantuan tunai bagi keluarga kurang mampu yang ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekaligus sebagai bagian dari penguatan sendi-sendi perekonomian bangsa.

Pencairan dana bantuan di Kabupaten Karo ini merupakan PSKS tambahan tahun 2015 khusus daerah bencana. Hal itu dikatakan Kepala Kantor Pos Kabanjahe Sukianto kepada KORAN SINDO MEDAN, Rabu (15/7/2015) di Kantor Pos Kabanjahe.

Dia mengatakan, pembayaran PSKS dilaksanakan hingga hari Kamis (hari ini, red) sebelum Idul Fitri. Kemarin dilaksanakan pembayaran untuk warga Kecamatan Naman Teran (Desa Kuta Gugung, Sukanalu, Sigarang-garang) dan Kecamatan Tiganderket (Desa Mardingding).

Sedangkan hari Kamis untuk warga Kecamatan Payung (Desa Guru Kinayan, Jeraya, Berastepu) dan Kecamatan Simpang Empat (Desa Kuta Tengah, Desa Pintu Besi dan Desa Tiga Pancur). Total bantuan uang tunai yang akan diserahkan sebesar Rp1.783.800.000.

Seharusnya, hari ini cuti bersama. Namun, karena proses penyerahan dana PSKS belum selesai, pihaknya tetap akan buka dan melayani para korban erupsi.

"Kita melihat dari sisi kemanusiaannya. Apalagi ini kan sudah mau Lebaran. Walau tidak seberapa, uang tersebut kita yakini sangat berguna bagi mereka. Kita jadwal besok (hari ini) sudah kelar semua," ujar Sukianto.

Salah seorang pengungsi asal Desa Sigarang-garang, Dani Sembiring (38), mengaku sangat senang mendapat bantuan PSKS jelang Idul Fitri. "Bantuan ini sangat membantu, terlebih saat ini kami dalam kondisi mengungsi," katanya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4742 seconds (0.1#10.140)