Pelabuhan Belawan Dipadati Pemudik

Selasa, 14 Juli 2015 - 12:39 WIB
Pelabuhan Belawan Dipadati...
Pelabuhan Belawan Dipadati Pemudik
A A A
MEDAN - Memasuki H-4 Idul Fitri 1436 Hijriah, Pelabuhan Belawan mulai dipadati pemudik. Kemarin, sebanyak 2.838 pemudik dari Jakarta dan Batam tiba di pelabuhan terbesar di Sumut itu, dan sebaliknya, 919 pemudikbersiap berangkat menuju Batam dan Jakarta.

“Jumlah kedatangan penumpang hari ini lebih banyak dibanding jumlah penumpang di hari-hari sebelumnya, yakni kurang dari 2000 penumpang,” ujar Kepala Cabang Medan PT Pelni Belawan, Budi Santoso, kemarin. Kondisi ini memang sudah sesuai prediksi PT Pelni Belawan, dimana puncak arus mudik di Belawan diperkirakan dimulai sejak Senin (13/7) hingga Jumat (17/7)i.

Sementara puncak arus balik diprediksi terjadi pada 2-9 Agustus. Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, PT Pelni telah menambah frekuensi kedatangan KMP Kelud di Belawan dari empat kali menjadi enam kali per bulan. Kendati jadwal KMP Kelud telah ditambah, rute lintasan tidak berubah yakni dari Pelabuhan Belawan ke Pelabuhan Batam dan Tanjung Priok.

“Penambahan frekuensi kunjungan KMP Kelud tersebut akan dioptimalkan pada 13- 17 Juli dan 12 hingga 9 Agustus saat arus balik nanti,” paparnya. Sementara PT Pelindo I selaku pengelola Pelabuhan Belawan telah mempersiapkan pelayanan maksimal kepada para pemudik. ACS Humas Pelindo I, M Eriansyah, mengungkapkan, untuk memberikan pelayanan maksimal, Pelindo I telah membuka posko monitoring sejak 1 hingga 31 Juli.

“Penumpang yang mengalami kendala, membutuhkan informasi dan lainnya bisa datang langsung ke posko tersebut. Selain itu, posko monitoring ini juga berfungsi memonitor arus penumpang selama Idul Fitri tahun ini,” paparnya. Pelindo I juga bekerja sama dengan otoritas pelabuhan, Syahbandar, Polres Belawan dan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Medan untuk memaksimalkan pela-yanan angkutan laut saat Idul Fitri tahun ini.

Tujuannya untuk memperlancar arus mudik, baik dari segi keamanan, kesehatan, maupun lainnya. “Seluruh terminal penumpang yang termasuk ke dalam wilayah kerja Pelindo I telah mempersiapkan layanan dengan maksimal, di antaranya mempersiapkan dermaga, terminal penumpang, kapal pandu, dan kapal tunda di seluruh cabang Pelindo I,” ucapnya.

Bagikan 1.000 Paket Lebaran

Di luar kesibukannya menyambut para pemudik, Pelindo I Cabang Belawan juga tidak ketinggalan berbagi berkah Ramadan kepada kaum dhuafa. Kemarin malam, Pelindo I membagikan 1.000 paket Lebaran kepada kaum dhuafa dan anak yatim di Kecamatan Medan Belawan.

General Manager Pelindo I Cabang Belawan, Sahat Prawira, mengungkapkan, pembagian 1.000 paket Lebaran yang terdiri atas sembako dan uang tunai Rp300.000 per orang itu merupakan agenda rutin tahunan Pelindo I cabang Belawan. “Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk tanggung jawab sosial Pelindo I dan merupakan wujud syukur serta kepedulian perusahaan terhadap lingkungan sekitar,” paparnya.

Dicky irawan
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1378 seconds (0.1#10.140)